Thursday , December 14 2017
Home / Hot News / Artikel-JR E235 Series
140702n202nn_1

Artikel-JR E235 Series

Welcome JR East 235 Series

 

Spesial pada edisi kali ini akan dibahas mengenai seri KRL yang akan segera hadir pada tahun 2015 ini yaitu JR East 235 Series (seri E235).

 

East Japan Railway Company (JR East) memiliki banyak seri rangkaian Kereta Rel Listrik (KRL) melanjutkan langkah regenerasi armadanya di tahun ini. Jika beberapa edisi sebelumnya membahas seri-seri KRL in-Service (sedang dalam masa operasi) dan yang sudah pensiun, spesial pada edisi kali ini akan dibahas mengenai seri KRL yang akan segera hadir pada tahun 2015 ini yaitu JR East 235 Series (seri E235).

KRL seri E235 diproyeksikan untuk beroperasi pada tahun 2015 ini. KRL modern ini seluruhnya diproduksi oleh pabrikan kereta milik JR East sendiri yakni J-TREC, yang dahulu merupakan anak perusahaan Tokyu Corporation bernama Tokyu Car Corporation. Pada tahap awal, KRL seri E235 ini dihadirkan untuk menggantikan seri E231 batch 500 (E231-500) di jalur Yamanote yang beroperasi sejak 2002 silam. Regenerasi seri E231 dengan menggantinya oleh seri E235 direncanakan berlangsung selama 5 tahun, dimulai musim gugur 2015 ini dan berakhir pada 2020 mendatang.

KRL seri 235 yang berbahan bodi Stainless Steel ini memiliki bentuk kabin masinis standar tanpa pintu depan di muka kabinnya. Tampilannya terlihat standar namun terkesan modern, dengan corak warna yang dinamis. Bentuk bodi samping yang melengkung dari bawah ke atas juga mencerminkan desain modern walaupun tampilan depan terlihat biasa.

KRL ini beroperasi di lebar sepur 1067mm, dengan tenaga yang bersumber pada kawat listrik aliran atas (LAA) arus searah (Direct Current/DC) dengan sumber tenaga 1500V DC. Seri E235 sudah menggunakan sistem propulsi terbaru, Variable Voltage Variable Frequency (VVVF) dengan Silicon Carbide (SiC) Full Hybrid Semiconductor. KRL ini dirancang dapat melesat hingga kecepatan 120 km/jam, dan sudah menggunakan sistem pengaman tercanggih untuk fungsi keamanan dalam perjalanan.

KRL E235 yang berdinas untuk jalur Yamanote ini beroperasi dengan formasi 11 kereta (6M5T). Setiap unit kereta seri E235 memiliki 4 pintu penumpang di tiap sisinya, dengan tempat duduk menyamping khas kereta komuter, dan memiliki pegangan tangan untuk penumpang berdiri. KRL ini didesain dilengkapi dengan area kursi roda pada semua unit keretanya, sehingga lebih ramah bagi pengguna jasa dengan disabilitas yang memakai kursi roda.

Tampilan KRL ini tersedia dengan corak warna hijau sebagai identitas jalur Yamanote. Namun jika kelak E235 juga dijalankan di jalur JR East lainnya, tidak menutup kemungkinan tampilan corak warna dapat berbeda, bergantung pada jalur pengoperasian rangkaian. Seri 235 ini dilengkapi pula dengan sistem informasi penumpang (Public Address) berupa Full Color LED Display di muka kabin dan bagian samping eksterior kereta, untuk menunjukkan informasi jalur yang dilayani, jenis layanan, dan tujuan perjalanan KA. Pengumuman dengan automatic announcer juga telah dipasang untuk pemberitahuan pada penumpang sepanjang perjalanan.

Seri E235 telah dilengkapi Cowcatcher yang kokoh untuk mengatasi resiko bahaya tinggi ketika terjadi kecelakaan ringan seperti menabrak kendaraan, hewan atau bahkan orang di perlintasan sebidang. KRL ini menggunakan bogie bolsterless kereta agar penumpang dapat merasakan kenyamanan semaksimal mungkin dalam perjalanan.

Sebagai KRL yang berdinas di jalur Yamanote, KRL seri E235 kemungkinan besar akan dirawat di dipo Mitaka, Tokyo. KRL ini akan beroperasi sebagai KRL lingkar dalam kota Tokyo.

Saat ini prototipe atau rangkaian contoh telah selesai dibuat, dan saat ini dalam tahap pengujian, sambil menunggu rangkaian lain yang sedang dalam proses produksi. Penasaran dengan seri terbaru JR East ini? Nantikan kemunculannya di musim gugur 2015 nanti.

 

Referensi:

          JR East 235 Series – ja.wikipedia.org

–           Press Release JR East – New E235 Series Vehicle –

http://www.jreast.co.jp/press/2014/20140701.pdf

Faris Fadhli

About Redaksi MKA

Check Also

Lama Dinanti, Akhirnya KRL Jakarta Kota – Tanjungpriok Beroperasi

Lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok sejak tahun 2007 sudah diwacanakan untuk beroperasi. Saat itu, bahkan telah diawali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *