Thursday , December 14 2017
Home / Railfans / Komunitas / Cimot, Siap Bantu di Dunia Maya

Cimot, Siap Bantu di Dunia Maya

KRL Mania
anggota KRLmania mengunjungi bengkel kereta api di Balai Yasa Manggarai, dalam rangka mendekatkan anggota dengan kereta api (Dok: KRLmania)

Majalah Ka, Internet bukan barang meewah lagi. Meski dana cekak, ngobrol di dunia maya tak susah. Cukup datang ke warung Internet. Informasi dunia bisa diintip semua. Termasuk ngobrolin soal kereta. Ada komunitas KRLmania yang khusus membicarakan seputar Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek.

Komunitas KRL-mania ini, dimulai awal Oktober 2003. Bermula dari keinginan sekelompok pengguna KRL, yang biasa mangkal di Stasiun Sudirman atau Stasiun Dukuh Atas, Jakarta. Mereka ini bercita-cita memiliki wadah untuk berkomunikasi antar sesama pengguna KRL.

Para KRLmania ini, begitu mereka menyebur kominitasnya, akhirnya sepakat membangun komunikasi melalui mailing list.

Awal berdiri jumlah anggota sekitar 109 orang. “Sebagian besar anggotanya waktu itu adalah pekerja kantoran yang biasa penggunaan akses Internet” jelas Nurcahyo (3S) Chief’ Editor KRLmania.corn.

Dari hari ke hari para mailers, panggilan untuk pengguna mailing list terus bertambah dan komunitas pun berkembang. Berbagai saran dan kritik terus masuk.”Kami pun bingung, mau dibawa kemana keluhan-keluhan pengguna KRL ini? Apakah hanya akan berakhir sebatas wacana. diskusi, atau memang ada penyelesaiannya?” tutur Cahyo, panggilan akrapnya.

Para pendiri, sebudah begitu, KRLmania ini berinisiatif menemui PT Kereta Api, Divisi Jabotabek, Kepala Divisi Jabotabek Rahmadi, waktu itu, memberikan respon positif. Sejak itulah KRLmania mendapat tempat di hati penjabat jelas Divisi Jabodetabek. “Mereka juga gabung di mailist untuk mengetahui tingkat pelayanan kepada penumpang. Bahkan langsung menjawab pertanyaan ataupun keluhan dan berbagai masyarakat pengguna KRL Jabotabek.” jelas Cahyo.

KRLmania.com

Bertambahnya mailers memberikan atmosfer baru topik-topik obrolan. lde membuka website pun bergulir agar informasi seputar KRL bisa diakses banyak orang, termasuk kalangan DPR dan pemerintah. “Untung kita punya orang IT” jelas karyawan perusahaan di Cikarang ini.

Mei 2005 KRLmania launching media onlinenya www.KRL-mania.com. Tampilan situs ini terus diperbarui dan awal 2006 KRLmania tampil dengan wajah baru. Terdapat 9 menu halaman yang bisa diakses tanpa harus login sebagai anggota. Diantaranya Kabin Masinis, Gerbong Lama, Pojok Stasiun, Gado-gado Bordes, Roker Mania, Jadwal Perialanan, Sinyal, Asongan.

Untuk melihat keluhan-keluhan penumpang seputar pelayanan KRL dapat di lihat di Pojok Stasiun. Jangan heran jika sering ditemui announcer bernarna Cimot di kolorn ini dan menjawab hampir sernua pertanyaan dari pengguna KRL. Terkadang orang salah mengartikan Cimot sebagai moderator KRLmania. Padahal dia adalah karyawan pabrik ember di daerah Jakarta.

Melalui Gado-gado Bordes orang dapat menginformasikan sebuah event. Bagi mereka yang memiliki jiwa ngasong disediakan kolom Asongan. Disini setiap orang bebas memasang iklan seperti menjual tanah, mengontrakkan rumah, menjual barang dagangannya tanpa dipungut bayaran. Sistem menempatkan anggota sebagai wartawan lepas adalah teknik efektif di tengah kesibukan masing-masing anggotanya. Dengan cara begitu setiap netter bebas mengirimkan artikel ke KRLmania. •DIAN PUJIANTI

Sumber: Majalah Ka, Edisi 01/Agustus 2006, “Masa-masa Jaya Kereta Api”; PT Ilalang Sakti Komunikasi

KRLmania, KRL, Jabodetabek, PT Kereta api

 

About Redaksi MKA

Check Also

DSC_0968

Wadah Para Penggambar Kereta Api

Railway Drawers Wadah Para Penggambar Kereta Api Beragam hobi yang dimiliki para pecinta kereta api ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *