Home / Kereta / KA Barang / Gerbong Khusus Daging Olahan_rev
wagonfreakdotblogspotdotcom

Gerbong Khusus Daging Olahan_rev

Gerbong Khusus Muatan Daging

Salahsatu investasi yang sedang dipesan KALOG yaitu container khusus muatan daging dengan suhu minus 15o C. nantinya container khusus ini diangkut dengan gerbong datar untuk distribusi daging dari Surabaya ke Jakarta dan daging olahan untuk relasi Jakarta – Surabaya

Investasi sarana gerbong terus dilakukan PT KAI untuk meningkatkan pendapatan perusahan dari angkutan logistik. Meskipun belum begitu besar menguasai angkutan logistik secara nasional, namun “kue” distribusi logistik dengan kereta api sudah mulai berhasil diraih biarpun persentasenya masih kecil. Keberhasilan tersebut tak lepas dari kejelian perusahaan untuk memodifikasi gerbong agar berbagai muatan/ komoditi barang bisa dilayani pengangkutannya dengan kereta api.

“Pernah kami mengangkut 3000 anak itik tapi banyak yang mati selama perjalanan. Dari pengalaman itulah, kami harus mendesain lagi jenis gerbong dan modifikasinya agar permintaan dari klien bisa terakomodir,” ungkap VP Corporate Service, Karya Bakti Kaban.

Karya mengakui sangat riskan atau beresiko tinggi kalau mengangkut hewan yang hidup. Karenanya, untuk amannya, KALOG lebih siap bila hewan yang diangkut sudah disembelih dalam bentuk potongan daging mentah atau pun daging olahan. Bak gayung bersambut, KALOG pun mendapat permintaan dari Asosiasi Daging Olahan untuk mengangkut daging segar dari Surabaya ke Jakarta dan daging olahan dari Jakarta ke Surabaya. Hanya saja tidak segampang itu untuk memenuhi permintaan tersebut. Sebab dari pihak calon pelanggan meminta agar disediakan gerbong khusus yang bisa membawa muatan daging dengan suhu minus dari 15 derajat Celcius.

Upaya untuk memenuhi permintaan calon pelanggan, KALOG melakukan investasi pengadaan container 40 feet dari Korea Selatan yang didesain dilengkapi freezer dengan pasokan listrik tenaga baterai yang bisa direcharge. Baterainya bisa tahan untuk 30 jam.

“Rencananya bila tak ada hambatan, tahun 2015 pesanan sudah jadi dan dikirim ke Indonesia,” jelas Karya.

AMAD SUDARSIH

 

Mohon bila ada gambar/desain gerbongnya.

About Redaksi MKA

Check Also

Logo Terpilih

Kurir & Cargo-rev

KALOG EXPRESS Rambah Bisnis Kurir & Kargo Kurir dan Kargo adalah salah satu layanan bisnis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *