Home / Kereta / KA Barang / jakarta gudang
area muat barang parcel

jakarta gudang

Wajah “Sumringah” Jakarta Gudang

Kawasan pergudangan di stasiun-stasiun angkutan barang kini telah banyak pembenahan. Selain untuk memenuhi harapan pelanggan, pengelolaan secara professional memberikan nila tambah untuk pendapatan perusahaan.

Awal bulan Desember 2014, untuk kesekian kali Majalah KA menyambangi Stasiun Jakarta Gudang. Sungguh banyak perubahan yang telah terjadi dengan kondisi areal stasiun yang kini tak hanya menyandang sebagai Terminal Petikemas Jakarta Gudang namun juga Kawasan Pergudangan Kampung Bandan yang modern, luas, tertata dan aman.

Perubahan tersebut tak lepas dari niat dan kemampuan PT KAI (Persero) untuk berorientasi melayani pelanggan (customer oriented). Kondisi stasiun dan kawasan pergudangan,emplasemen, area bongkar-muat dan container yard tak lagi terlihat kumuh/ berantakan. Penjagaan keamanan yang dulu hanya di pos masuk/keluar, kini tenaga keamanan tersebar di beberapa titik sehingga membuat aman dan nyaman para pihak yang berkepentingan di sana.

Untuk melengkapi layanan angkutan barang termasuk pergudangan menuju ke pengelolaan yang profesional dan modern, PT KA Logistik/ KALOG mendapatkan mandat dari induknya (PT KAI), KALOG menggarap area-area stasiun yang melayani angkutan barang dengan mengembangkan jasanya sebagai pengelola Area Pergudangan Transit seperti di Jakarta Gudang/ Kampung Bandan dan Surabaya Pasarturi.

Setiap kawasan pergudangan dilengkapi dengan fasilitas pergudangan, fasilitas perkantoran, fasilitas bongkar/ muat barang dari truk dari / ke gudang atau dari / ke gudang ke gerbong kereta api, dan proses pengemasan (packing barang-barang yang akan dikirim). Bongkar / muat barang disamping dilakukan secara manual oleh manusia juga dibantu dengan berbagai alat, seperti reach steacker, gantry crane, forklift, trolly, dan lain-lain.

“Untuk pengelolaan kawasan pergudangan Kampung Bandan ini, KALOG joint operation dengan PT Bintang Laut Platinum membentuk PT BKALOG. Mulai dikelola tahun 2012,” jelas Kepala Terminal Barang Jakarta Gudang, Noviandri.

Dalam pengelolaan, lanjut Noviandri, kawasan Jakarta Gudang dilakukan penataan dan pengembangan kawasan. Setelah penertiban kawasan oleh PT KAI, Jakarta Gudang didesain sebagai kawasan pergudangan modern. Keluar-masuk kendaraan terdata dan satu titik, pengamanan tersebar, perkantoran untuk perusahaan ekspedisi, penataan gudang dan area bongkar-muat serta penyediaan alat berat untuk bongkar-muat.

“Jadi begitu barang dating, kita sudah siapkan forklift atau reach steacker dan petugas bongkar-muat. Kalau untuk bongkar-muat barang hantaran potongan (BHP) saat ini masih dari perusahaan ekspeditur masing-masing yang menyediakan,” imbuh Noviandri.

AMAD SUDARSIH

 

About Redaksi MKA

Check Also

IMG_3630

Syarat Angkut Sepeda Motor-rev

Kirim Sepeda Motor Sehari Sampai Kepastian tiba di stasiun tujuan menjadi salahsatu kelebihan pengangkutan barang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *