Home / Aktifitas / Jambore Kereta Api Model

Jambore Kereta Api Model

Jambore Kereta Api Model

Pamerkan Layout 27 Meter

Pameran penghobi kereta api model memamerkan koleksi kereta skala HO 1:87 dan skala N 1:140. Tema layout yang dibuat pun beragam sehingga menambah kemeriahan.

 

Inilah pameran miniatur kereta api yang berlangsung di Braga, Bandung bertajuk “Jambore Kereta Api Model” yang dimeriahkan oleh para pehobi kereta model dari seluruh komunitas kereta model di Indonesia. Acara yang diselenggarakan pertama kali ini disambut apresiasi oleh pengelola gedung dan juga masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.

Meski baru digelar pertama kali, namun acara Jambore Kereta Api Model menyajikan pameran lengkap dengan layout yang telah tertata rapi dan membuat pengunjung pun kagum. Bagaimana tidak, layout yang memiliki panjang 27 meter ini memiliki koleksi lokomotif dan kereta yang cukup banyak. Tema yang dipamerkan pun beragam. Mulai dari tema pedesaan, pabrik tua dan perkotaan. Tak ketinggalan depo lokomotif yang sangat mirip seperti aslinya, lengkap dengan turntable. Skala yang dipamerkan di acara ini adalah Skala HO 1:87 dan Skala N 1:140.

Pengunjung yang datang pun beragam, mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Bandung. Pengunjung yang datang biasanya membawa koleksinya masing-masing untuk mencoba main dengan layout yang sudah tersedia.

“Dari Jambore ini kami bermaksud agar tali silaturahmi sesama pehobi terus terjalin. Bisa saling bertukar informasi mengenai kereta model setiap saat, tak hanya pada acara besar saja,” ujar Ketua Penyelenggara, Khidmatullah Badri.

Hendri D Karim atau akrab disapa Om HDK adalah salah seorang yang kami wawancarai pada saat itu. HDK sangat antusias dengan diadakannya acara ini karena lokasi yang dipilih adalah lokasi yang cocok untuk pehobi kereta model. “Bandung merupakan kota yang masyarakatnya paling banyak mengoleksi kereta model”, ungkapnya.

Acara Jambore Kereta Api ini diprakarsai oleh Khitmat diikuti gabungan dari kelompok KA Model di Indonesia. Tak hanya kelompok KA model, ikut diundang juga dari Komunitas 87 Diecast yaitu komunitas dengan hobi koleksi diecast mobil-mobil yang berukuran skala 1:87. HDK menambahkan bahwa menggabungkan dengan komunitas 87 diecast merupakan komunitas yang memiliki koleksi miniatur transportasi lain selain kereta.

Beberapa pengalaman yang Majalah KA dapatkan dari HDK sendiri adalah mengenai pehobi yang baru menyenangi kereta model (pemula). Bagi pemula disarankan untuk membeli tipe Stater Set (miniatur kereta lengkap dengan rel dan alat pengendali). Harga paling murah untuk Stater Set dimulai dari Rp 600.000-an ke atas.

“Untuk pemula, carilah kereta model yang relatif terjangkau lalu pelajari dulu apa itu kereta model. Cara menjalankannya, merawatnya hingga pemakaian secara benar,” tambahnya.

SENDY PRASETYA

 

 

About Redaksi MKA

Check Also

DSC_8929

STTD_Rev ok

Perintis Program Studi D. III Perkeretaapian Di STTD Bekasi, inilah satu-satunya jurusan Perkeretaapian yang dibuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *