Thursday , December 14 2017
Home / Jalur KA / Jalan Rel / Jaringan Transportasi Transperth

Jaringan Transportasi Transperth

Tiga Moda Transportasi Publik Kota Perth

Perth adalah ibu kota Negara Bagian Australia Barat, negara bagian terbesar di Australia. Selain daya tarik wisatanya yang menawan, moda transportasinya juga saling terkoneksi antara kereta, bus dan Feri.

 Transpert adalah nama perusahaan yang mengoperasikan sistem transportasi publik untuk wilayah Australia Barat khususnya Kota Perth dan sekitarnya. Awal mula sejarah pada sistem transportasi ini pada bulan Agustus 1958, Metropolitant Transport Trust yang merupakan nama dari perusahaan transportasi pada jamannya yang beroperasi dengan mengambil alih Metro Bus oleh Pemerintah Australia Barat. Kemudian pada bulan Agustus 1986, Metropolitant Transport Trust diganti namanya menjadi Transperth. Setelah pergantian nama menjadi  Transperth, perusahaan tersebut semakin berkembang pada waktu itu. Transperth memiliki logo yang khas berupa lingkaran hijau muda dengan dua garis putih. Logo tersebut digunakan sejak tahun 1990 yang sebelumnya memiliki warna livery hijau dengan abu-abu.

Perth memiliki transportasi yang sangat diminati oleh warga masyarakat yang berdomisili di Australia Bagian Barat. Kereta komuter, bis, dan juga feri (angkutan sungai) yang merupakan perusahan yang dimiliki Transperth. Dari perkotaan hingga ke pelosok desa, layanan Transperth setia melayani masyarakat yang hendak bepergian jarak jauh maupun dekat.

 Jaringan Kereta Komuter

Layanan kereta api adalah sebuah divisi dari Public Transport Authority of Western Australia (Kewenangan Transportasi Umum di Australia Barat). Divisi ini bertanggung jawab untuk mengoperasikan sistem kereta api bagi penumpang di Perth, sebagai bagian dari jaringan Transperth. Komuter Transperth memiliki jaringan terdiri dari 70 stasiun kereta api di enam wilayah/rute percabangan dari pusat kota Perth. Adapun rute tersebut adalah rute Midland, Armadale, Fremantle, Butler dan Mandurah. Semua angkutan kereta komuter ini menggunakan jaringan Listrik Aliran Atas (LAA).

Layanan kereta komuter ini beroperasi mulai pukul 5 pagi sampai dengan pukul 12 malam pada jam kerja. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu beroperasi sampai dengan pukul 2 dini hari. Ini karena pihak Transperth sangat menghargai masyarakat yang menghabiskan waktu liburannya hingga larut malam. Tak heran Kota Perth pada jam-jam liburan masih tetap ramai hingga larut malam. Apalagi dengan tersedianya angkutan kereta komuter tambahan khusus untuk penumpang yang hendak pulang hingga larut malam.

Jumlah lalulintas perjalanan Kereta Transperth bisa mencapai 15 kali perjalanan pada hari kerja maupun akhir pekan. Jumlah ini diperbanyak karena jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan kereta komuter Transperth cukup besar. Meskipun penumpang sangat antusias menggunakan jasa transportasi kereta komuter dan kepadatan sering kali terlihat, namun kesadaran warga untuk tertib dan disiplin patut diacungi jempol. Dahulukan penumpang turun, merupakan peraturan yang selalu ditaati para penumpang.

Jaringan Angkutan Bis Kota

Layanan angkutan bus juga dilayani perusahan transportasi Transperth. Angkutan bus dioperasikan di jalur-jalur transit, mulai dari pusat kota dan pedesaan. Biasanya halte-halte yang dilayani angkutan bus ini selalu berdekatan dengan stasiun kereta komuter. Memudahkan para penumpang yang hendak beralih dari kereta menuju angkutan bus. Setiap halte terdapat tempat perhentiannya masing-masing. Tempat perhentian pun memiliki tanda perhentian yang berbeda. Halte yang berukuran sedang memiliki atap dan juga kursi untuk penumpang yang menunggu bus. Dan biasanya dilengkapi dengan rute-rute yang dilewati bus tersebut. Sedangkan halte kecil hanya disediakan berupa tanda perhentian seperti papan yang ditancapkan di pinggir jalan, lengkap dengan logo perusahaan Transpert dan juga beberapa angka/kode halte perhentian untuk bus yang akan digunakan. Biasanya angka/kode halte perhentian, bisa dilihat melalui website Transperth secara lengkap.

Semua bus Transperth menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG) dengan emisi yang ramah lingkungan, dan tidak berbau. Tak heran, banyak restoran yang membuka lahannya di luar ruangan. Meski dilewati banyak angkutan umum termasuk bus, warga yang menghirup tidak sama sekali merasa terganggu. Selain menggunakan BBG, bus ini menggunakan airsuspense atau suspensi udara pada roda. Beberapa warga Perth yang menggunakan bus, adalah manula atau lanjut usia dan membawa kereta bayi. Praktis, pihak bus menggunakan sistem Air Suspense untuk memudahkan naik dan turun bis jika terdapat lantai trotoar rendah. Semua bus yang diproduksi oleh Mercedes-Benz Volgren OC500LE juga dilengkapi pendingin udara/ AC.

Jaringan Angkutan Air (Feri)

Satu lagi jaringan yang dimiliki Transperth, yaitu angkutan air (Feri). Transperth mengoperasikan layanan Feri menyeberangi Sungai Swan (sungai terkenal di Perth) yang menguhubungkan antara Barrack Street (Jalan Barrack) dengan tepi pantai Selatan Perth (South Perth). Layanan ini berangkat dua kali setiap jam, dan 15 menit selama jam kerja. Feri ini sangat populer dengan penumpang lokal dan wisatawan yang menggunakannya sampai dengan ke Kebun Binatang Perth. Saat ini ada dua nama feri Transperth, yaitu Shelley Taylor Smith (dioperasikan sejak tahun 1997) dan Philip Pendal (dioperasikan sejak tahun 2009). Layanan Feri telah dioperasikan dibawah kontrak oleh Kapten Cook Cruises sejak Februari 1995.

SENDY PRASETYA

About Redaksi MKA

Check Also

JRwest_Kumoha287-3

Mengenal JR West 287 Series

Mengenal JR West 287 Series KRL milik West Japan Railway Company (JR West), perusahaan kereta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *