Home / Kereta / KA Barang / KA Khusus Angkutan Sepeda Motor-rev
warungdohcdotcom

KA Khusus Angkutan Sepeda Motor-rev

KA Khusus Angkutan Sepeda Motor

Layanan angkutan barang merupakan peluang besar yang digarap PT KAI maupun PT KALOG. Untuk memenuhi permintaan, KALOG sedang menyiapkan gerbong kontainer modifikasi untuk angkutan sepeda motor dan mobil.

Tak hanya sebatas layanan angkutan sepeda motor untuk perorangan, PT KALOG juga sedang menyiapkan 1 trainset rangkaian gerbong khusus untuk angkutan sepeda motor dan mobil. Produsen sepeda motor dan mobil ternama di Indonesia berminat untuk bekerjasama pengiriman sepeda motor dan mobil dengan kereta api ke berbagai kota di Jawa.

Dengan kondisi jalan raya yang overload dan banyak yang rusak, keamanan dan biaya tinggi, waktu tempuh pun bisa meleset dari perhitungan. Karenanya, pengangkutan dengan kereta api bisa menekan dari segi biaya, jaminan keamanan dan kepastian waktu tempuh yang jelas.

“Kami sedang dalam proses. Sedang kami siapkan tempatnya (terminal barang) agar memudahkan proses loading-unloading-nya. Kalau gerbongnya menggunakan gerbong kontainer modifikasi bukan gerbong bagasi biasa” jelas VP Corporate Service KALOG, Karya Bakti Kaban.

Untuk kapasitasnya, lanjut Karya, KALOG mendesain gerbong datar bisa untuk mengangkut 120 unit sepeda motor dengan model susun 3 lantai. Tak hanya permintaan angkutan sepeda motor, sebuah perusahaan mobil ternama di Indonesia juga tertarik untuk order pengiriman mobil menggunakan kereta api.

“Ujicoba sudah dilakukan dengan kontainer 40 feet namun hanya mampu memuat 3 unit mobil. Supaya bisa masuk hitung-hitungan secara finansial, maka gerbong kontainer harus dimodifikasi agar bisa mengangkut 6 mobil. Dan diharapkan pada Q3 tahun 2015 sudah bisa dijalankan,” imbuh Karya.

AMAD SUDARSIH

 

About Redaksi MKA

Check Also

Logo Terpilih

Kurir & Cargo-rev

KALOG EXPRESS Rambah Bisnis Kurir & Kargo Kurir dan Kargo adalah salah satu layanan bisnis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *