Home / Hot News / KCJ Bakal Hapus Free Out Ticketing

KCJ Bakal Hapus Free Out Ticketing

PKD harus waspadai oknum penumpang yang memanfaatkan fasilitas free out ticketing.
PKD harus waspadai oknum penumpang yang memanfaatkan fasilitas free out ticketing.

Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) MN. Fadhila mengatakan akan menghapus fasilitas free out setelah menilai fasilitas tersebut sering disalahgunakan segelintir penumpang untuk naik KRL Commuter Line secara gratis. KCJ rencananya memutuskan menghapus fasilitas free out mulai 1 Desember 2015.
Menurut Fadhila, berdasarkan evaluasi PT KCJ, di beberapa stasiun, selama ini fasilitas free out disalahgunakan oleh oknum penumpang yang naik kereta tanpa menggunakan tiket. Fasilitas free out adalah pembebasan biaya bagi penumpang yang masuk dan keluar di stasiun yang sama dalam durasi tidak lebih dari satu jam.
“Sekarang penumpang yang seperti ini tidak banyak, tidak sampai satu persen. Tapi trennya meningkat. Karena itu, sebelum jumlahnya banyak, kita harus stop,” ucap Fadhil kepada media di Stasiun Tebet, (30/1102015).

Fadhil mengatakan, saat ini fasilitas pendukung yang ada di hampir semua stasiun KRL sudah berada di area steril, yakni area yang berada di dalam gate elektronik. “Sekarang, fasilitas di stasiun itu sudah 90 persen areal steril. Sehingga, penumpang mau berangkat butuh ke kamar kecil dan lainnya ada di areal steril, jadi di bulan Desember ini, kita akan hapus free out,” jelasnya.

Fadhil menjelaskan, modus yang sering digunakan oleh para penumpang gratisan tersebut adalah melakukan gate-in. Setelah masuk ke dalam gate elektronik, penumpang yang bersangkutan langsung melakukan gate-out tanpa keluar dari gate elektronik. Penumpang tersebut, kemudian naik KRL. Setelah sampai di stasiun tujuan, ia kembali melakukan cara yang sama yaitu tap in dan kemudian tap out di gate elektronik.
“Yang seperti ini tidak hanya terjadi di perjalanan dekat karena yang dari Jakarta Kota ke Bogor juga ada,” ujar Fadhil. (AMS)

About Redaksi MKA

Check Also

Lama Dinanti, Akhirnya KRL Jakarta Kota – Tanjungpriok Beroperasi

Lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok sejak tahun 2007 sudah diwacanakan untuk beroperasi. Saat itu, bahkan telah diawali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *