Thursday , December 14 2017
Home / Hot News / Lama Dinanti, Akhirnya KRL Jakarta Kota – Tanjungpriok Beroperasi

Lama Dinanti, Akhirnya KRL Jakarta Kota – Tanjungpriok Beroperasi

Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko menyapa penumpang KRL pada perjalanan perdana KRL lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok, (21/12/2015). (Foto: Amad S)
Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko menyapa penumpang KRL pada perjalanan perdana KRL lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok, (21/12/2015). (Foto: Amad S)

Lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok sejak tahun 2007 sudah diwacanakan untuk beroperasi. Saat itu, bahkan telah diawali dengan acara Napak Tilas (Jalan kaki menyusuri jalur kereta api dari Stasiun Jakarta Kota sampai dengan Stasiun Tanjungpriok yang diikuti oleh Dirjen Perkeretaapaian saat itu, Wendy Aritenang, karyawan Ditjen Perkeretaapian, PT Kereta Api Indonesia, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) dan masyarakat dan komunitas pecinta kereta api.

Jalur Jakarta Kota-Tanjungpriok merupakan jalur lama yang tak dioperasikan sehingga di atasnya banyak berdiri pemukiman liar. Dari Stasiun Jakarta Kota, jalur ke arah Tanjungpriok ini lurus melewati samping Dipo Kereta Jakarta Kota lalu menanjak melalui Stasiun Kampung Bandan Atas, melintasi jembatan yang dibawahnya Sungai dan Jalan Gunung Sahari lalu lurus hingga Stasiun Ancol dan berakhir di Stasiun Tanjungpriok. Jalur yang bisa dijadikan jalur wisata ini bahkan pernah diwacanakan akan dilalui KA Wisata yang menggunakan lokomotif listrik dan dua kereta kayu yang sudah dimodifikasi dan diberi nama kereta Djoko Kendil.

Namun baru mulai tanggal 21 Desember 2015, jalur Jakarta Kota-Kampung Bandan Atas-Tanjungpriok ini dioperasikan kembali. PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) selaku operator, telah mengoperasikan KRL Commuter Line untuk lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok, setelah melakukan ujicoba perjalanan KRL tanpa penumpang selama 3 hari. Dalam perjalanan perdana dengan membawa penumpang, KRL yang dioperasikan menggunakan rangkaian KRL Kfw produksi PT INKA Madiun dengan stamformasi (jumlah kereta) 4 unit. Turut serta dalam perjalanan perdana, Dirjen perkeretaapian, Hermanto Dwiatmoko, Direktur Prasarana Perkeretaapian Popok Montanasyah, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta-Banten M. Fatawi, EVP Daop 1 Jakarta Apriyono Wedi Chresnanto dan komunitas pecinta kereta api.

“Ini harus segera dioperasikan untuk pelayanan kepada masyarakat. Kalau peminatnya banyak, mungkin bisa saja ditambah. Mudah-mudahan semakin banyak orang yang tahu, semakin banyak yang naik. Selain itu juga untuk pengamanan asset. Kalau tidak dioperasikan nanti orang pada masuk (permukiman liar), kayak di Priok ini dulu kumuh banget,” jelas Hermanto Dwiatmoko kepada media saat mengikuti perjalanan perdana KRL lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok.

Pengoperasian kembali lintas ini dimungkinkan setelah sebelumnya Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan prasarana di lintas tersebut sehingga dapat kembali melayani KRL. Selain menyiapkan sarana KRL, PT KCJ juga telah menyediakan sarana pelayanan penumpang di Stasiun Tanjungpriok yaitu loket, gate e-ticketing, toilet, musholla, serta petugas pelayanan, keamanan, maupun kebersihan.

Setiap harinya akan ada enam perjalanan KRL di lintas Jakarta Kota – Tanjungpriok. Pada lintas tersebut hanya tiga Stasiun yang akan melakukan pelayanan penumpang, yaitu: Jakarta Kota, Kampung Bandan dan Tanjungpriok, sedangkan di Stasiun Ancol tidak berhenti. Perjalanan dari stasiun Jakarta Kota menuju Tanjungpriok maupun sebaliknya akan ditempuh dalam waktu 20 menit.

Dirop KCJ Subakir di Stasiun Tanjungpriok. (Foto: Amad S)
Dirop KCJ Subakir di Stasiun Tanjungpriok. (Foto: Amad S)

“Untuk sementara waktu, KRL akan melintas langsung di Stasiun Ancol. Stasiun tersebut belum dioperasikan karena saat ini masih dalam proses revitalisasi dan perpanjangan peron. Ditargetkan Maret 2016 sudah beroperasi,” jelas Direktur Operasi PT KCJ, Subakir di Stasiun Tanjungpriok.

PT KCJ mengajak masyarakat memanfaatkan kehadiran kembali KRL sebagai salah satu pilihan transportasi publik dari dan ke kawasan Tanjungpriok dan sekitarnya. Selain itu masyarakat juga dihimbau untuk ikut menjaga sarana dan prasarana perkeretaapian di lintas ini.

“Dengan beroperasinya enam perjalanan KRL di lintas Jakarta Kota – Tanjung Priok, PT KCJ setiap harinya telah mengoperasikan 887 perjalanan di wilayah Jabodetabek,” imbuh Subakir. (AMS)

 

Jadwal Perjalanan KRL Lintas Jakarta Kota – Tanjungpriok

Keberangkatan Stasiun Jakarta Kota:

  1. KA 2318, berangkat pukul 11.40 WIB
  2. KA 2322, berangkat pukul 13.05 WIB
  3. KA 2326, berangkat pukul 14.25 WIB

 

Keberangkatan Stasiun Tanjung Priok:

  1. KA 2319, berangkat pukul 12.30 WIB
  2. KA 2323, berangkat pukul 13.55 WIB
  3. KA 2331, berangkat pukul 16.30 WIB

 

About Redaksi MKA

Check Also

KAI Luncurkan Kereta Rail Clinic

Setelah beberapa tahun silam PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Batik dan Kereta Pustaka, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *