Home / Kereta / Lebih Baik Naik KA Kendaraan Dititipin..!

Lebih Baik Naik KA Kendaraan Dititipin..!

Banyak Mobil Nginap
Banyak Mobil Nginap

Majalah Ka, Jakarta pagi itu lumayan cerah, tapi tetap saja macet. Apalagi hari Senin. Mereka yang terpaksa menikmati kemacetan selalu rnenghibur, bukan Jakarta namanya kalau tidak macet.

Ada beberapa alternatif untuk menghindari macet. Salah satunya, naik kereta api. Bisa lebih cepat dan irit. Soal mobil atau motor, biar juru parkir (pengelola penitipan) yang menangani. Di setiap stasiun selalu ada tempat penitipan kendaraan. Biasanya dikelola PT Kereta Api bersama swasta, Namun sebagian warga yang tinggal dekat stasiun menyediakan jasa penitipan ini.

Di sekitar Stasiun Ul, Depok, misalnya. Warga banyak yang menyediakan lahannya sebagai tempat penitipan. Di Pondok Cina, tempat parkir malah seperti sudah dikontrak. Para pelanggan seolah sudah mempunyai lahan untuk parkir sendiri. Sehingga orang lain tak bisa menyewa.

“Saya titip jam tujuh pagi terus ambil jam lima sore” ujar Eko yang menitipkan motornya di Stasiun Bekasi. la sudah tiga tahun menitipkan motornya semenjak kerja di daerah Gajahmada, Jakarta Kota. “Daripada terlambat sampai kantor, lebih baik saya naik kereta,” tambahnya.

Begitu pun dengan Dimas dan isterinya yang tinggal di Tajur, Bogor. Mereka bekerja di Jakarta sejak setahun Ialu.”Saya naik KRL untuk menghemat anggaran dan lebih cepat,” kata Dimas yang menitipkan motornya di Stasiun Bogor. “KaIau naik motor ke Jakarta dari Bogor saya gak sanggup. Bisa lama nyampenya,” tambahnya.

Biaya penitipan motor di Jabodetabek umumnya Rp2.000.- per hari. Menurut Bambang Mulyantono, yang biasa menitipkan motornya di Stasiun Depok Lama, kalau menginap Rp5.000 sehari. Untuk dua hari Rp8.000,- Ada juga yang berIangganan. Dihitung 25 hari kerja atau Rp50.000…”Tentu saja bayarnya harus di depan. Mereka pilih berlangganan karena sering nginep, sehingga Iebih murah.” jelas wartawan Majalah Poutry indonesia ini.

Kereta bisa dibilang kendaraan bebas macet. Bagi mereka yang bekerja di Jakarta dan tinggal di Jabodetabek, memilih menitipkan kendaraannya dan pergi naik kereta.Yang mau keluar kota, juga dapat menginapkan kendaraan.

Banyak Mobil Nginap

Di Stasiun Gambir, pengelolaan jasa parkir dikelola perusahaan perparkiran, PT Anugrah Bina Karya. Area parkir biasa dibedakan dengan parkir inap. Menurut, Abdul Muhyi, Supervisor parkir Gambir, setiap hari ada saja mobil yang menginap. Ada yang menginap sehari, dua hari, bahkan hingga seminggu. Pemilik mobil ini memilih naik kereta untuk pergi ke Bandung atau Cirebon.

“Disini pemilik mobil, wajib mengisi form kendaraan inap.” ujar Muhyi. Form berisi data-data pemilik kendaraan dan kondisi terakhir kendaraan yang ditinggalkan. Gunanya sebagai bukti jika terjadi sesuatu hal, pihak pengelola punya bukti. Pengisian dibantu petugas dan pemilik tinggal tanda tangan.

“Saya menitipkan mobil saya untuk ke Cirebon jam enam sore kemaren, dan saya ambil jam lima sore hari ini” ujar Budi yang tinggal di kawasan Bintaro. Ia memilih naik kereta supaya transportasi pulangnya jadi lebih praktis dan murah daripada naik taksi. Dari segi keamanan, menurutnya, terjamin.

“Apalagi kalau ada acara mendadak lebih enak naik kereta saja,” tambahnya. Parkir di Stasiun Gambir biayanya dihitung per jam. Motor Rp1.000,- per jam pertama dan Rp500,- untuk jam berikutnya. Mobil Rp2.000.- per jam, dan Rp I .500,- untuk per jam berikutnya. Bila parkir sehari (24 jam) kena biaya Rp36.000,-

“Ya, dihitung Famanya parkir (dalam jam) tidak dihitung harian,” ungkap M. Soegeng, yang biasa menitipkan mobilnya di Gambir bila ada tugas ke Bandung atau Cirebon. la menyarankan agar menambahkan tip kepada juru parkir supaya mobil lebih aman. “Ah. itu biasalah.” ujarnya tertawa.

  • HENNY PUSPITASARI

 

Sumber: Majalah Ka, Edisi 01/Agustus 2006, “Masa-masa Jaya Kereta Api”; PT Ilalang Sakti Komunikasi

About Redaksi MKA

Check Also

JRwest_Kumoha287-3

Mengenal JR West 287 Series

Mengenal JR West 287 Series KRL milik West Japan Railway Company (JR West), perusahaan kereta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *