Home / Hot News / Mau Sekolah Perkeretaapian. Ini syaratnya
DSC_3004

Mau Sekolah Perkeretaapian. Ini syaratnya

Mau Sekolah Perkeretaapian? Ini Syaratnya!

Seleksi penerimaan calon Taruna (Sipencatar) tahun akademik 2015/2016 telah dibuka. Bagi yang ingin mendaftar, persyaratan bisa dibuka di laman resmi BPSDM Kementerian Perhubungan.

 

Badan Pengembangan SDM Perhubungan resmi mengumumkan pembukaan seleksi penerimaan calon Taruna (Sipencatar) tahun akademik 2015/2016. Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo melalui surat pengumuman No.008/14/BPSDMP-2015, menyebutkan penerimaan Sipencatar dimulai 30 Maret 2015 sampai 1 Juni 2015.

“Penerimaan calon Taruna/i baru tahun 2015 akan dibuka di 18 kampus BPSDM Perhubungan di Tanah Air. Untuk perkeretaapian dibuka 5 Prodi. Dua kelas untuk Prodi DIII Perkeretaapian Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi, dan ada 4 Prodi yang akan dibuka di Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun,” lanjut Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo di Jakarta, (11/3/2015).

Lantas apa saja persyaratan untuk yang ingin sekolah di bidang transportasi perkeretaapian? Direktur Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Catur Wicaksono kepada Majalah KA menjelaskan pada tahun 2015, API baru memasuki tahun kedua, dengan membuka 4 Prodi setingkat D-III.

“Prodi yang dibuka di API Madiun yaitu Teknik Mekanika Perkeretaapian (TMP), Teknik Bangunan & Jalur Perkeretaapian (TBJP), Teknik Elektro Perkeretaapian (TEP), dan Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP). Masing-masing satu kelas,” jelas Catur.

Untuk bisa diterima sebagai Taruna/i, lanjut Catur ada seleksi yang harus berhasil dilalui. Ada Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi, Tes Potensi Akademik, Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotes, dan Wawancara. Usia calon Taruna/i dibatasi maksimum 23 tahun pada bulan September 2015, memiliki postur tinggi badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm, belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan.

“Setelah berhasil diterima masuk, Taruna/i akan tinggal di asrama untuk pembentukan karakter. Tiga bulan pertama tidak boleh keluar atau pulang. Setelah masa itu, baru ada Ijin Pesiar (IP) pada hari Rabu dari pukul 18.00-21.00 WIB, dan Ijin Bepergian (IB) pada Sabtu sampai dengan Minggu pukul 21.00 WIB,” lanjutnya.

Dengan 4 Prodi yang lebih spesifik, outputnya para lulusan API bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhan SDM Perkeretaapian di pemerintahan/ regulator, operator, kontraktor termasuk manufaktur/ industri perkeretaapian.

AMAD SUDARSIH

 

 

PROGRAM DIPLOMA PERSYARATAN
D III Perkeretaapian STTD

 

SMU/ MA (IPA) dan SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Bangunan, Teknik Industri, Teknik Survei dan Pemetaan, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer Informatika dan Teknik Ketenagalistrikan

 

D III Teknik Bangunan & Jalur Perkeretaapian API SMU/ MA (IPA) dan SMK Jurusan Teknik Bangunan

 

D III Teknik Elektro Pekeretaapian API SMU/ MA (IPA) dan SMK Jurusan Teknik Elektro, Teknik Komunikasi, Teknik Komputer Jaringan dan Teknik  Listrik

 

D III Teknik Mekanika Perkeretaapian API SMU/ MA (IPA) dan SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Otomotif, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Listrik.

 

D III Manajemen Transportasi Perkeretaapian API SMU/ MA (IPA) dan SMK Jurusan Teknik Bangunan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Komunikasi, Teknik Listrik, Teknik Komputer Jaringan dan Teknik Otomotif

 

Sumber : http://bpsdm.dephub.go.id

 

About Redaksi MKA

Check Also

Lama Dinanti, Akhirnya KRL Jakarta Kota – Tanjungpriok Beroperasi

Lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok sejak tahun 2007 sudah diwacanakan untuk beroperasi. Saat itu, bahkan telah diawali ...

2 comments

  1. ahmad fajar ansori

    Saya mau tanya. Kalu 2 tahun lagi masih ada penerimaan apa tidak..karena saya sekarang masih kelas 1 sMA.

  2. Bagaimana dengan yang menggunakan kacamata? Apa bisa daftar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *