Wednesday , December 13 2017
Home / Aktifitas / Mengenal JR West 287 Series

Mengenal JR West 287 Series

Mengenal JR West 287 Series

KRL milik West Japan Railway Company (JR West), perusahaan kereta api negara semi-privat yang melayani operasi kereta api di wilayah Jepang bagian barat ini memiliki tampilan bentuk desain yang unik dan dinamis.

KRL seri 287 diinspirasi dari seri sebelumnya, JR West 683 Series yang hadir mulai tahun 2000. Bentuk antara dua seri ini sangat mirip – bahkan cocok disebut saudara kembar-. Seri 287 yang beroperasi sejak 1 Juni 2009 ini dibangun bersama oleh Kawasaki Heavy Industries dan Kinki Sharyo. KRL seri 287 ini dihadirkan untuk menggantikan seri 183 yang sudah lama beroperasi sebelumnya.

KRL seri 287 yang berbahan bodi Aluminium Alloy ini memiliki bentuk kabin masinis dengan ruang kendali masinis yang terletak lebih tinggi sehingga pandangan masinis akan lebih luas. Ada unit kabin yang memiliki pintu tengah, namun ada pula yang tidak memiliki pintu tengah pada kabinnya. Desain kabin dengan pintu tengah dimaksudkan agar dapat digunakan sebagai akses penumpang pada saat rangkaian akan disambungkan dengan rangkaian lainnya. Ini adalah salah satu hal yang membedakan antara seri 287 dengan saudara kembarnya, seri 683 yang memiliki 2 jenis bentuk kabin masinis.

KRL ini hanya dapat beroperasi di lebar sepur 1067mm. Hal lain yang membedakan dengan kembarannya, seri 683, adalah KRL ini hanya dapat beroperasi pada jalur dengan listrik aliran atas (LAA) arus searah (Direct Current/DC) dengan sumber tenaga 1500V DC. Ini berbeda dengan seri 683 yang juga dapat beroperasi pada jalur dengan LAA arus bolak-balik (Alternating Current/AC) dengan sumber tenaga 20kV/60Hz AC.

KRL ini sudah menggunakan teknologi Variable Voltage Variable Frequency bertipe Insulated Gate Bipolar Transistor (VVVF-IGBT) dengan Inverter jenis Pulse-width Modulation (PWM). KRL ini hanya dapat melesat hingga kecepatan 130 km/jam, berbeda dengan seri 683 yang dirancang sebagai semi-High Speed Train dan dapat melesat hingga kecepatan 160 km/jam. Sistem keamanan KRL ini sudah menggunakan ATS-P, ATS-SW, dan EB-TE untuk fungsi keamanan dalam perjalanan.

Seri 287 memiliki 5 tipe unit kereta yakni KuMoRoHa 286 (kereta penggerak dengan kelas khusus berkabin masinis/Msc’), KuMoHa 286 (kereta penggerak berkabin masinis/Mc’), KuMoHa 287 (kereta penggerak utama berkabin masinis/Mc), MoHa 287(kereta penggerak utama/M) dan MoHa 286 (kereta penggerak /M’)

KRL ini beroperasi dengan berformasi 3 kereta, 4 kereta, dan 6 kereta. Dapat pula berformasi 9 kereta pada saat diperlukan, dengan menambahkan rangkaian tambahan berformasi 3 kereta per rangkaiannya.

Setiap unit kereta seri 287 memiliki 1 dan 2 pintu penumpang di tiap sisinya, dengan bentuk jendela penumpang normal dan lebar. Seluruh tempat duduk pada seri 287 ini terpasang dapat diatur menghadap arah perjalanan, dengan kursi yang bisa diatur sandarannya (reclining seat) dan rak bagasi pada bagian langit-langit diatas tempat duduk. Pada kelas reguler, tempat duduk memiliki formasi 2-2, sementara pada kelas special Green Car, formasi tempat duduk adalah 2-1 dengan tempat duduk lebih lebar dan nyaman serta jarak antar bangku lebih lapang. Khusus pada seri 287 ini, kelas khusus Green Car tidak terdapat pada unit kereta tersendiri, tetapi berbagi ruang dengan kelas reguler dalam satu unit kereta (KuMoRoHa 286)

Karena tidak didesain untuk kereta api komuter berpenumpang padat, seri 287 tidak memiliki pegangan tangan untuk penumpang berdiri. Tersedia pula fasilitas mendasar berupa toilet pada beberapa unit kereta.

Tampilan KRL ini tampak elegan dengan warna dasar putih dengan kombinasi warna abu-abu pada sekitar jendela, serta garis tipis berwarna merah dan hijau kebiruan di sekitarnya. Telah dilengkapi pula dengan sistem informasi penumpang (Public Address) berupa LED Display di dalam interior kereta dan bagian samping eksterior kereta, untuk menunjukkan informasi Nama KA, jenis layanan, dan tujuan perjalanan KA. Pengumuman dengan automatic announcer juga telah dipasang untuk pemberitahuan pada penumpang sepanjang perjalanan.

Seri 287 telah dilengkapi Cowcatcher yang kokoh untuk mengatasi resiko bahaya tinggi ketika terjadi kecelakaan ringan seperti menabrak kendaraan, hewan atau bahkan orang di perlintasan sebidang. KRL ini juga menggunakan bogie bolsterless tipe WDT67, WTR249 dan WTR249A serta peredam kejut tambahan pada sambungan antar kereta, dengan desain khusus yang spesial agar penumpang dapat merasakan kenyamanan semaksimal mungkin dalam perjalanan.

KRL seri 287 dirawat di dipo Fukuchiyama dan dan Hineno (Vehicle Center). KRL ini beroperasi sebagai kereta api (KA) ekspres “Thunderbird”, “Kinozaki”, “Kounotori”, “Hashidate” dan “Maizuru” yang melayani rute-rute di wilayah JR West distrik Kinki Utara.

 

Referensi:

          JR West 287 Series – Wikipedia.jp

– Foto dikutip dari album Wikimedia Commons JR West 287 Series

Faris Fadhli

 

About Redaksi MKA

Check Also

IMG_20141215_052215

Jalur ganda kereta api koridor Larangan (Autosaved)

Jalur Ganda Cirebon-Prupuk Didanai SUKUK Segmen 1 pembangunan jalur ganda lintas Cirebon-Prupuk sudah berhasil merampungkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *