Wednesday , December 13 2017
Home / Jalur KA / Heritage / Menilik SPM di Stasiun Transperth

Menilik SPM di Stasiun Transperth

Menilik SPM di Stasiun Transperth

Informasi kedatangan dan posisi kereta terdengar jelas dan nyaman didengar. Bila masih kurang jelas, tersedia mesin informasi yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi akurat.

Mudah dan efisien merupakan kelebihan yang dimiliki transportasi kereta api di Kota Perth ini. Pemerintah kota lebih mementingkan bersama untuk kemudahan dalam bertransportasi. Seperti halnya berbagai fasilitas kemudahan yang dimiliki setiap stasiun di wilayah Perth ini. Tak hanya stasiun besar, stasiun kecil pun memiliki fasilitas yang membuat penumpang kereta api berada di stasiun menjadi sangat mudah.

Untuk stasiun besar misalnya, berbagai fasilitas yang tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan para penumpang kereta api yang dapat digunakan dengan mudah. Seperti toilet umum, tempat untuk minum, telpon umum, buku jadwal dan rute transportasi, lift, eskalator dan ruang informasi publik. Selain itu terdapat informasi elektronik yang mengumumkan setiap menit jika kereta tiba di stasiun tersebut.

Papan display elektrik pun tak luput terpampang di setiap peron kereta. Papan penunjuk arah juga sangat berguna jika stasiun tersebut terhubung dengan halte bis yang bisa digunakan untuk perjalanan transit ke berbagai blok atau perjalanan yang dilewati bis kota. Hampir sebagian besar stasiun yang terhubung dengan halte bis setempat yang sudah memiliki papan penunjuk arah menuju halte bis.

Sementara fasilitas di stasiun kecil cukup membuat para penumpang bisa mendapat informasi kereta api. Meski tidak tersedianya fasilitas sebanyak seperti stasiun besar, fasilitas yang dimiliki stasiun kecil pun cukup terbantu seperti terdapatnya kotak informasi yang dapat mengeluarkan suara elektronik beberapa menit sebelum kereta datang. Namun jangan khawatir, jika suara elektronik tidak berbunyi, penumpang pun bisa menekan tombol bertuliskan “Infoline Press button to speak to Transperth (Informasi akurat silakan menekan tombol dan berbicara kepada operator Transperth)”. Atau bisa menekan tombol posisi kereta yang bertuliskan “Next train (posisi kereta berikutnya)”. Selain itu terdapat kotak elektronik yang berfungsi sebagai panggilan darurat bertuliskan “Emergency”. CCTV juga terpasang di setiap stasiun besar maupun kecil sehingga gerak-gerik para penumpang pun selalu terlihat setiap saat.

Fasilitas penting lainnya adalah loket pembelian tiket kereta. Stasiun di wilayah Perth melayani tiket secara online menggunakan kotak pembelian tiket secara elektronik. Pembelian tiket bisa menggunakan uang kertas maupun uang logam, sesuai dengan rutenya masing-masing. Untuk melihat berapa harga yang dikeluarkan, penumpang bisa melihat di kotak elektronik pembelian tiket.

Soal kebersihan, semua stasiun di Perth dan sekitarnya sangatlah dijaga. Pemerintah sangat antusias dengan kebersihan transportasi khususnya angkutan kereta api Perth. Larangan merokok pun tidak diperbolehkan di semua stasiun. Selain itu, di setiap sudut stasiun terdapat tempat sampah.

Dengan adanya fasilitas lengkap, efisien dan mudah membuat para penumpang kereta api yang berada di stasiun-stasiun dilewati kereta komuter Transperth merasa terbantu dan nyaman. Tak hanya warga lokal, turis asing pun terbukti menikmati fasilitas yang ada dengan berbagai macam kemudahan dan informasi yang sangat lengkap.

SENDY PRASETYA

About Redaksi MKA

Check Also

Lama Dinanti, Akhirnya KRL Jakarta Kota – Tanjungpriok Beroperasi

Lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok sejak tahun 2007 sudah diwacanakan untuk beroperasi. Saat itu, bahkan telah diawali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *