Wednesday , December 13 2017
Home / Jalur KA / Dipo Balai Yasa / Menyambangi Gedung Public Transport Center East Perth

Menyambangi Gedung Public Transport Center East Perth

Menyambangi Gedung Public Transport Center East Perth

Di sini kita bisa melihat dua jalur kereta api dengan lebar sepur yang berbeda. Layanan kereta dan bus juga terkoneksi sehingga benar-benar menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

 Pusat informasi memang sangat dibutuhkan bagi warga masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ataupun bertanya mengenai transportasi untuk bepergian ke berbagai wilayah yang dikunjungi. Perth merupakan kota yang cukup luas untuk melakukan perjalanan, apalagi menggunakan transportasi umum. Dibutuhkan layanan informasi yang akurat mengenai transportasi umum untuk melakukan perjalanan.

PTA (Public Transport Authority) atau Kewenangan Transportasi Umum Australia Barat memberi kemudahan untuk masyarakat/wisatawan yang ingin mengetahui informasi, laporan keluhan bahkan kejadian-kejadian yang berlangsung bisa dilakukan kepada pihak tersebut. PTA yang berlokasi di gedung Public Transport Centre (Pusat Transportasi Umum) berada di West Parade, East Perth, Western Australia.

Sangat mudah jika menggunakan Kereta Komuter menuju Gedung Pusat Transportasi Umum ini. Rute yang dilalui yaitu dari Stasiun Besar Perth kemudian naik kereta tujuan Midland dan turun di Stasiun East Perth. Hanya membutuhkan waktu 7 menit dari Stasiun Perth sampai Stasiun East Perth.

Koleksi Pribadi

Memasuki pusat informasi di East Perth, para pengunjung disambut dengan informasi besar yang berada di pintu masuk bertuliskan “Welcome To Perth”. Melihat kedalam pusat informasi berbagai macam koleksi yang terdapat di gedung ini pun beragam. Mulai dari gerbong tua hingga replika mesin lokomotif uap. Selain itu ada pula berbagai perkakas pembuatan rel kereta api pun tersimpan dan terawat di sini. Tak hanya itu, piagam penghargaan dari perusahaan asuransi di Australia Barat tak luput dari koleksi yang terpajang di gedung ini. Piagam tersebut diberikan untuk Transperth sebagai kategori kepuasan masyarakat dalam transportasi umum di Perth. Berbagai macam pakaian dinas termasuk dasi yang dipajang, menambah nostalgia para pengunjung yang turut melihat dan merasakan kembali nostalgia pada jaman sebelumnya.

Tiket Online dan Cafe

Tak hanya barang-barang koleksi yang menjadi pusat perhatian utama di gedung ini, namun ada beberapa ruang khusus pemesanan tiket secara online untuk melakukan perjalanan se-Australia. Pengunjung dapat memesan tiket kereta api ataupun bis dengan tarif-tarif yang disediakan di loket. Rute-rute yang ditawarkan adalah rute kereta api melintasi beberapa kota besar di Australia, seperti Bunbury dan Sydney. Ada pula menggunakan bis ke berbagai wilayah yang sudah terjadwal di gedung pusat informasi tersebut.

Selain ruang tiket online, pengunjung bisa menunggu sambil mencicipi makanan dan minuman di Whistle Stop Cafe dengan sajian aneka makanan siap saji serta minuman ringan dan cemilan. Tak hanya itu, berbagai souvenir Australia yang disuguhkan cocok sebagai cindera mata yang bisa dikoleksi.

Penumpang yang hendak bepergian ke berbagai kota besar di Australia, khususnya menggunakan kereta api dan bis jarak jauh berangkat dari stasiun awal, yaitu Gedung Pusat Informasi Stasiun East Perth. Stasiun East Perth memiliki 2 jalur dengan lebar gauge 1.455 mm (untuk KA jarak jauh) dan lebar jalur biasa 1.067 mm (untuk KA Komuter). Kereta api yang disinggahi di Stasiun East Perth ini adalah Indian Pasific (Perth-Sydney) dan Prospector (Perth-Kalgoorlie). Masing-masing kereta tersebut sudah dijadwalkan sesuai kedatangan dan keberangkatan kereta.

SENDY PRASETYA

About Redaksi MKA

Check Also

tgg

Napak Tilas 143 Tahun Semarang-Tanggung

2010-10-30 18:22:50 Napak Tilas 143 Tahun Semarang-Tanggung Jumat,(29/10) pukul 7 pagi, peron satu Stasiun Semarang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *