Saturday , September 23 2017
Home / Kereta / KA Luar Negeri / Menyambangi Stasiun Perth

Menyambangi Stasiun Perth

Menyambangi Stasiun Perth

Untuk kedua kalinya, kami berkunjung ke Perth (Australia). Kali ini kami menyambangi Stasiun Perth untuk mengamati kesibukan di stasiun, lalulalan kereta dan fasilitas yang tersedia.

 Bangunan yang satu ini merupakan stasiun yang memiliki usia ratusan tahun di Pusat Kota Perth, Australian Barat. Stasiun terbesar di Kota Perth ini menghubungkan berbagai jaringan transportasi kereta api komuter, jarak jauh maupun angkutan transportasi lainnya seperti jaringan bis. Lebih dari ribuan orang memadati stasiun besar ini menggunakan kereta komuter ke berbagai daerah di Kota Perth.

Tim Majalah KA pun menelusuri berbagai peron Stasiun Perth. Ada 4 lantai yang terhubung di stasiun ini. Untuk bagian bawah stasiun ini memiliki jaringan kereta api bawah tanah (underground). Sedangkan untuk 2 lantai keatas merupakan jaringan kereta api dan jaringan bis kota.

Stasiun Perth terletak di Jalan Wellington (Wellington Street) yang dapat diakses hanya berjalan kaki ke berbagai tempat menarik di jantung Kota Perth, seperti Museum, Halte Bis, serta beberapa lokasi pusat perbelanjaan terkenal di Kota Perth.

Berdirinya Bangunan Stasiun Perth

Indonesia memiliki bangunan tua mayoritas peninggalan Belanda yang kokoh dan terawat hingga kini. Namun untuk kawasan Perth, banyak bangunan bergaya Victoria. Salah satunya adalah stasiun Perth ini. Bangunan dengan arsitektur terkenal pada masa itu masih bisa terlihat sampai sekarang. Dibangun antara tahun 1893 dan 1894 yang sebelumnya telah direnovasi sejak dibukanya jalur kereta api pertama kali pada tahun 1881. Stasiun Perth mengalami beberapa kali renovasi sejak dibangun pertama kali, serta halaman depan area pintu masuk. Semula bangunan ini juga merupakan tempat beroperasinya seluruh angkutan transportasi komersial dan kantor polisi pada tahun 1980-an.

Dahulu di area sekeliling Stasiun Perth memiliki lahan yang cukup luas. Tak heran, area parkir pun menjadi tujuan utama masyarakat yang hendak bepergian dengan kereta api dan memakirkan kendaraan pribadi mereka di area stasiun. Namun untuk saat ini, pemandangan tersebut tidak terlihat kembali seiring perkembangan jaman. Area stasiun yang sangat terbatas karena dibangunnya jalan-jalan besar serta gedung-gedung pencakar langit Kota Perth. Namun begitu, bangunan Stasiun Perth masih terlihat megah dan kokoh walau termakan usia yang sangat lama.

 Rute Jaringan Kereta

Seperti diketahui Stasiun Perth merupakan stasiun besar yang menghubungkan rute kereta api ke berbagai wilayah di Australia bagian barat. Ada 5 rute yang terhubung dengan kereta api dari Stasiun Perth. Yaitu rute menuju Midland, Mandurah, Joondalup (saat ini menambah jalur hingga Butler), Fremantle dan Armadale. Selain ke lima rute yang terhubung kereta api dengan jarak lokal, ada pula jaringan kereta api yang melayani jarak menengah menuju Kota Bunbury menggunakan kereta khusus bertenaga diesel, Australind Railway.

Layaknya bandara, stasiun ini memiliki papan petunjuk peron yang dapat terlihat dengan jelas. Tak hanya itu, beberapa papan petunjuk rute pun tersedia secara akurat. Kereta tiba di Stasiun Perth semuanya tepat waktu (on time). Tak heran banyaknya terpampang papan penunjuk display lengkap dengan posisi jalur, rute, waktu kedatangan, dan keterangan tempat pemberhentian stasiun. Karena letaknya cukup memakan waktu beberapa menit, maka pihak dari Stasiun Perth memasang tanda jarak dalam ukuran meter di setiap papan penunjuk menuju ke masing-masing peron.

Bisa dikatakan Stasiun Perth memiliki pintu keluar paling banyak dibanding stasiun-stasiun lainnya di wilayah Western Australia. Terdapat 8 pintu keluar yang tersedia di stasiun ini lengkap dengan nama jalan perkotaan yang akan dituju. Karena Stasiun Perth memiliki 2 lantai bawah tanah (underground) dan 2 lantai untuk bagian atas, maka pintu keluar yang tersedia pun terbagi. Untuk bagian underground memiliki pintu keluar sebanyak 4 buah, sedangkan untuk bagian atas sebanyak 4 buah termasuk pintu keluar melewati bangunan tua stasiun. Tak heran, di setiap pintu keluar alat sensor untuk pintu keluar dan masuk yang menggunakan kartu langganan kereta api pun disediakan sebanyak puluhan buah di semua pintu keluar.

Rute yang terhubung dari Stasiun Perth memiliki 5 wilayah. Untuk dibagian undergound terdapat rute jaringan kereta api menuju Mandurah Line dan Joondalup Line. Sedangkan sisanya berada di lantai atas dengan rute Midland Line, Fremantle Line, Armadale Line, dan Bunbury Line.

 Keamanan dan Fasilitas

Stasiun Besar Perth yang terlihat sangat luas ini perlu adanya kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung/penumpang kereta api. Keamanan 24 jam pun disiagakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun kedisiplinan serta kesadaran masyarakat yang berdomisili di Kota Perth sangat tinggi, namun keamanan tetap disiagakan demi kenyamanan bersama. Selain pihak Security  yang terus memantau di setiap sudut stasiun selama 24 jam, kamera CCTV pun diletakkan di sudut-sudut stasiun maupun peron. Sehingga pengunjung maupun penumpang yang datang di stasiun ini tak perlu khawatir. Selain itu pihak keamanan juga membantu dengan tulus kepada pengunjung yang mengalami kesusahan menggunakan transportasi kereta api di Stasiun Besar Perth.

Selain keamanan yang 100% terjamin, fasilitas pun sangat diperhatikan di sini. Banyak fasilitas yang dapat memudahkan para penumpang yang berada di Stasiun Perth. Seperti toilet umum, air minum gratis, elevator (Lift), eskalator dan beberapa kios makanan ringan. Tak hanya itu, buku panduan gratis lengkap tersedia untuk memudahkan penumpang menggunakan transportasi di seluruh wilayah kota Perth dan sekitarnya. Pusat Informasi pun tak luput melayani penumpang yang ingin bertanya seputar wilayah Kota Perth dengan naik transportasi umum yang siap melayani seharian. Dan yang paling diminati adalah jaringan internet (Wi Fi) yang dinikmati setiap waktu, tanpa memasukkan Password lebih dulu.

SENDY PRASETYA

 

Daftar rute kereta komuter Transperth di Stasiun Perth

No. Rute (Line) Jalur Stasiun Perhentian
1 Joondalup 1 (underground) Perth Underground, Leederville, Glendalough, Stirling, Warwick, Greendwood, Whitfords, Edgewater, Joondalup, Currambine, Clarkson, Butler.
2 Mandurah 2 (undergound) Perth Underground, Esplanade, Canning Bridge, Bull Creek, Murdoch, Cockburn Central, Kwinana, Wellard, Rockingham, Warnbro, Mandurah.
3 Armadale 4 dan 5 Perth, Mclver, Claisebrook, Burswood, Victoria Park, Carlisle, Oat Street, Welshpool, Queens Park, Cannington, Thornlie, Beckenham, Kenwick, Maddington, Gosnells, Seaforth, Kelmscott, Challis, Sherwood, Armadale.
4 Fremantle 7 Perth, City West, West Leederville, Subiaco, Daglish, Shenton Park, Karrakatta, Loch Street, Claremont, Swanbourne, Grant Street, Cottosloe, Mosman Park, Victoria Street, North Fremantle, Fremantle.
5 Midland 8 Perth, Mclver, Claisebrook, East Perth, Mt. Lawley, Maylands, Netham, Bayswater, Ashfield, Bassendean, Success Hill, Guildford, East Guildford, Woodbridge, Midland.

 

About Redaksi MKA

Check Also

JRwest_Kumoha287-3

Mengenal JR West 287 Series

Mengenal JR West 287 Series KRL milik West Japan Railway Company (JR West), perusahaan kereta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *