Saturday , September 23 2017
Home / Railfans / Milis Para Hobiis Kereta

Milis Para Hobiis Kereta

Milis Para Hobiis Kereta
Milis Para Hobiis Kereta

Kini para pecinta kereta api tak hanya beraktifitas di stasiun-stasiun atau lokasi-lokasi yang berhubungan dengan kereta Milis melalui internet telah menjadi media alternatif utama para hobiis (railfans).

Pak Bagus, kalau untuk jalur kereta Lemah Abang-Cibarusah sejauh 30 KM ditutupnya kira- kapan ya?” (keretaapi_sejarah_dan_kenangan @yohoo.com). Pertanyaan ini bukan pertanyaan seorang mahasiswa kepada dosennya atau pertanyaan wawancara seorang wartawan kepada petugas KA. Melainkan pertanyaan seorang railfans kepada moderator dalam sebuah milis kereta api. Jangan heran pula jika sebenarnya antara sang penanya dan moderator juga anggota milis lain jarang bertemu. Bahkan bisa jadi belum saling kenal.

Mailing list atau biasa disingkat dengan milis adalah grup diskusi di mana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Sederhananya, milis adalah sebuah daftar alamat email yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama.

Tak jarang dijumpai beberapa pecinta kereta api membentuk komunitas dalam milis berbeda. Di @yahoogroups.com tercuat ada beberapa milis para hobis kereta api. Misalnya [email protected] . Di milis ini para railfans saling berbagi, curhat, tukar foto, tukar pengalaman, hingga diskusi.

Ada agi milis yang bernama [email protected] Dari namanya dapat mudah ditebak. Yakni tentang kenangan perkeretaapian masa lalu Bisa jalur yang sudah tidak aktif, atau loko uap maupun diesel di masa lalu, menjadi bahasan utama di milis ini. Beberapa situs juga kerap menjadi forum milis raillfans. Railfans.or.id menyediakan forum tersebut.Untuk bisa membuka atau bergabung dalam komunitas-komunitas tersebut anda harus mendaftarkan diri dulu.

Untuk memulai sebuah diskusi dalam sebuah milis. biasanya sang moderator yang telah mendapat tema menginvite anggota milis lainnya untuk berdiskusi dalam milis pada satu waku tertentu. Diskusi di Milis keretaapi selalu diarahkan untuk dapat menghasilkan suatu solusi pada suatu permasalahan tertentu. Sebagai pimpinan diskusi, sang moderator berhak mengarahkan diskusi atau mcnghentikannya apabila diskusi terlalu melebar (flame war). Karena itulah sang moderator harus memiliki pengetahuan di atas rata-rata anggota dan harus memantau diskusi di milis.

Tofan Ardi yang baru membuat milis (mailing list) yang bernama kereta_api_ [email protected] groups.com atas inisiatif pribadi, mengaku memang sangat hobi pada yang namanya kereta api. Hal itu lebih disebabkan karena historis.

“Kakek, saya dulu masinis. ltu sebabnya saya lebih suka naik Argo (kereta) ketimbang pesawat,” kata pria asal Surabaya ini. Sayangnya, menurut Topan. umumnya para railfans dalam milis belum ada langkah kongkret untuk bikin gathering dalam bentuk nyata. “Maklum, anggotanya mencapai ribuan.” kata Topan beralasan.

KRL Mania

Berbeda dengan krImania.com. Jika forum para hobiis di yahoogroups dan railfan.or.id berbentuk milis dan harus daftar cerlebih dahulu, di situs krImania.com ini tidak terjadi diskusi intensif yang dinamis. Sifatnya statis dan lebih pada menampilkan suatu artikel atau pendapat, khususnya mengenai KRL (Kereta Rel Listrik).

Untuk dapat berpartisipasi dalam situs ini pun relatif lebih mudah, karena tak perlu mendaftar terlebih dahulu. Cukup masukkan komentar dan cerita anda. Jangan lupa sertai nama dan alamat email anda di kolom yang disediakan di bagian bawah situs ini. Setelah disubmit, komentar atau cerita dan nama anda, akan dibaca pengunjung situs ini. Siap-siap saja menjadi terkenal.

*YANUARIKA

Sumber: Majalah Ka, Edisi 01/Agustus 2006, “Masa-masa Jaya Kereta Api”; PT Ilalang Sakti Komunikasi

 

 

About Redaksi MKA

Check Also

DSC_0968

Wadah Para Penggambar Kereta Api

Railway Drawers Wadah Para Penggambar Kereta Api Beragam hobi yang dimiliki para pecinta kereta api ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *