Home / Photography / Foto Tematik / Momen Double Traksi

Momen Double Traksi

Momen Double Traksi

Double traksi bisa kita jumpai pada KA angkutan penumpang maupun KA angkutan barang. Untuk angkutan penumpang, lazimnya memang single traksi atau cukup lokomotif, demikian juga untuk angkutan barang dengan lokomotif terbaru di Jawa seri CC206, sudah tak perlu lagi harus ditambah lokomotif. Namun ada juga kita menjumpai rangkaian KA ditarik dengan dua lokomotif.

Ada beberapa kemungkinan rangkaian kereta/gerbong ditarik dengan dua lokomotif. Kemungkinan pertama, kondisi lokomotif utama yang mengalami gangguan sehingga harus dibantu lokomotif penolong. Bisa jadi pula, karena untuk uji dinamis dan uji beban untuk lokomotif yang sedang PA di Balai Yasa. Ada juga yang karena jumlah kereta/ gerbong yang ditarik banyak dan medan jalur yang dilalui lintas berat. Ada juga yang karena numpang digandengkan karena sama-sama tujuan/ sama jalurnya. Misalnya dua lokomotif yang sama-sama pulang dinas usai membawa KA penumpang / barang yang hendak kembali ke Dipo Lokomotif.

Namun ada juga dalam kondisi tertentu rangkaian tetap dijalankan dengan dua lokomotif untuk jaga-jaga, khususnya saat kereta membawa rombongan VVIP seperti KLB RI 1 maupun KLB RI 2.

Jadi apa momen yang Anda bidik saat menemui KA ditarik dengan double traksi?

Foto Tematik edisi mendatang: KRD (Kereta Rel Diesel)

About Redaksi MKA

Check Also

Eksterior K3 Nutrisari yang perlahan hilang setelah K3  tersebut PA di Balai Yasa. CC201-63 KA 17

Eksterior KA Kelas Rakyat

Eksterior KA Kelas Rakyat Seiring waktu dari jaman ke jaman, kereta ekonomi (kelas rakyat) mengalami ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *