Home / Hot News / Peluang Kerja, Masih Butuh Banyak SDM Perkeretaapian

Peluang Kerja, Masih Butuh Banyak SDM Perkeretaapian

DSC_0160Merujuk pada RIPNas (Rencana Induk Perkeretaapian Nasional) 2010-2030, hingga tahun 2030 diperlukan cukup banyak SDM Regulator dan SDM Operator. SDM Regulator sebanyak 2.330 orang yang meliputi Perencana/ Administrasi 310 orang, Penguji Sarana 900 orang, Penguji Prasarana 730 orang, dan Inspektur/Auditor 390 orang.

Sementara untuk SDM Operator dibutuhkan 101.440 orang yang terdiri dari Manajerial/ Administrasi 3.320 orang, Pemeriksa/ Perawat Sarana/ Awak Sarana 50.930 orang, Pemeriksa/ Perawat/ Petugas Operasi Prasarana 47.190 orang.

“Jangan sampai tenaga seperti ini diisi dari negara asing, karena Indonesia tidak siap,” kata Pengamat Transportasi dari Unika Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno melalui pesan WA kepada majalahka.com

Djoko yang ikut sebagai pembicara pada acara FGD (Forum Discussion Group) Review RIPNas di Balitbang Perhubungan Jakarta, beberapa waktu lalu, mengatakan dengan kebutuhan SDM Perkeretaapian yang harus dipenuhi tersebut, peran serta Kemenristek dan Dikti dan Perguruan Tinggi se-Indonesia sangat diperlukan untuk mempersiapkan SDM Perkeretaapian yang handal yang dapat mengoperasikan kereta api di beberapa pulau yang sudah mulai dibangun sekarang.

“Pada 2014, jumlah SDM Operator (PT KAI) sebanyak 26.928 orang dan SDM Regulator (Ditjen Perkeretaapian) sebanyak 597 orang. Jadi kurangnya masih banyak,” kata Djoko. (AMS)

About Redaksi MKA

Check Also

Lama Dinanti, Akhirnya KRL Jakarta Kota – Tanjungpriok Beroperasi

Lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok sejak tahun 2007 sudah diwacanakan untuk beroperasi. Saat itu, bahkan telah diawali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *