Thursday , December 14 2017
Home / Jadwal KA / Jadwal KA Wisata / Ragam Rupa Tiket Transperth

Ragam Rupa Tiket Transperth

Ragam Rupa Tiket Transperth

Jenis tiket yang dijual ada yang tiket multritrip (potong saldo) dan ada juga yang tiket sekali jalan yang bisa dibeli di mesin tiket.

 

Menggunakan transportasi umum merupakan kebiasaan warga Perth dalam melakukan aktifitas keseharian. Meski banyak kendaraan pribadi, namun Pemerintah kota membatasi kendaraan pribadi agar tidak tidak terjadi kemacetan yang terjadi serta mengurangi angka kecelakaan. Transportasi umum di Perth sangat mudah, terjangkau dan cepat. Tak heran lahan parkir yang tersedia pun menjadi sasaran warga untuk berganti dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.

Transperth yang merupakan nama perusahaan transportasi di Perth ini memiliki 3 jaringan, yaitu Kereta Komuter, Bus, dan Feri. Namun, yang paling banyak digunakan adalah angkutan Kereta dan Bus, karena jumlahnya yang banyak, tepat waktu, dan terjangkau.

Bagi pengguna transportasi, Transperth memberikan kemudahan, seperti halnya dalam memilih pembelian tiket, baik secara tunai maupun menggunakan kartu perjalanan. Untuk melihat atau mengetahui informasi mengenai Transperth, tersedia buku saku di setiap Stasiun, Terminal Bus (Bus Port), atau bertanya di Pusat Informasi.

 

Kartu SmartRider

Hampir semua pengguna transportasi menggunakan kartu jenis ini. “Get Smart, Get SmartRider.”, itulah kalimat yang digunakan untuk penumpang yang memiliki Kartu multi fungsi (SmartRider) yang sangat efisien dan juga praktis. Layaknya angkutan KRL Komuter di Jabodetabek, kartu ini bisa diisi ulang dan digunakan selama pemakaian. Jaringan Transperth memiliki 3 jenis angkutan, Kereta Komuter, Bis dan Feri. SmartRider bisa digunakan pada ketiga transportasi yang memiliki logo Transperth. Tak heran, penumpang yang menggunakan kartu ini cukup banyak. Untuk pembelian Kartu SmartRider bisa dibeli di Stasiun Perth ataupun di kios-kios majalah dan pasar swalayan yang memiliki tanda ber logo Transperth. Untuk mendapatkan Kartu SmartRider harus merogoh kocek sebesar $30 (Rp 300.000), harga kartunya sendiri sebesar $20 (Rp 200.000) dan saldo sebesar $10 (Rp 100.000). Untuk isi ulang kartu tersebut minimal $10 dan tak ada batas jika saldo berkurang. Tak perlu khawatir untuk cek saldo, karena di setiap stasiun dan terminal bis memiliki alat cek saldo yang berada di samping loket elektrik.

 

Tunai

Menggunakan kartu multifungsi sangatlah efisien dan mudah. Namun tak semua orang menggunakan kartu terutama turis yang berkunjung di Perth. Mereka biasanya membeli secara tunai atau secara langsung. Pembelian tiket secara langsung bisa dibeli melalui mesin tiket yang berada di setiap stasiun kereta, terminal bis dan juga di pelabuhan feri. Ada dua pembayaran secara tunai melalui mesin tiket, yaitu bisa menggunakan uang logam (coins) atau bisa menggunakan uang kertas. Tak perlu khawatir atau bingung untuk membeli tiket secara tunai, karena ada petunjuk cara pembelian di layar monitor dengan layar sentuh (Touch Screen). Atau bisa juga bertanya kepada petugas yang berjaga distasiun atau masyarakat sekitar yang menunggu angkutan transportasi. Ada pilihan rute yang terdaftar di mesin tiket rute tersebut berupa zona (zone) dan tarif yang berlaku. Pembelian secara tunai bisa dipakai sekali perjalanan sesuai stasiun atau daerah tujuan, bisa juga digunakan selama sehari. Family Rider merupakan sistem pembelian tiket yang bisa digunakan selama seharian penuh dengan tarif diatas tiket standar. Pembelian tiket Family Rider pun bisa dibeli di stasiun maupun terminal atau bahkan di pelabuhan feri yang terdapat mesin tiket otomatis.

 

Tarif Sesuai Wilayah (Zone)

Menggunakan Kartu SmartRider ataupun pembelian secara langsung dan digunakan seharian memiliki perbedaan pada tarif, sesuai wilayah tertentu yang diinformasikan oleh pihak Transperth. Ketiga angkutan transportasi yang dimiliki Transperth merupakan suatu kemudahan tersendiri bagi penumpangnya. Khusus untuk pengguna Kartu SmartRider dan Tiket Family Rider tak perlu membayar uang tambahan lagi jika ingin berganti transportasi (transit). Ada dua jenis tarif yang diinformasikan pihak Transperth, yaitu tarif biasa (Standart) dan tarif khusus (Concession). Untuk tarif standart, tarif ini biasa digunakan oleh semua orang (umum) yang menggunakan Transperth, dan untuk tarif concession hanya digunakan untuk pelajar dan warganya yang menjadi member/anggota Transperth dengan membayar pendaftaran terlebih dahulu. Tarif dikenakan sesuai rute dan dipakai hingga kurun waktu 2 jam sekali, khusus bagi pengguna Kartu SmartRider. Jadi, selama 2 jam belum dikenakan biaya walaupun berkali-kali Tag On dan Tag Off. Selain itu, pihak Transperth memberi kemudahan untuk manula, lanjut usia, cacat, keterbelakangan mental, dan pensiunan yang ingin menggunakan transportasi, tanpa dipungut biaya sepeser pun (GRATIS).

SENDY PRASETYA

 

Wilayah (Zone) Jaringan Transportasi Rute Transperth 

Wilayah (Zone) Tarif Standard Tarif Concession Keterangan
Zone 1 AU $ 2.90 AU $ 1.20 Perth-Glendalough, Perth-Claremont, Perth-Canning Bridge, Perth-Welshpool, Perth-Bayswater.
Zone 2 AU $ 4.40 AU $ 1.70 Stirling-Greenwood, Swanbourne-Fremantle, Booragoon-Murdoch, Queens Park-Maddington, Ashfield-Midland.
Zone 3 AU $ 5.20 AU $ 2.10 Whitfords-Joondalup, Cockburn Central, Gosnells-Sherwood, Kalamunda Bus Station.
Zones 4 AU $ 6.20 AU $ 2.50 Currambine-Clarkson, Kwinana-Wellard, Armadale.
Zones 5 AU $ 7.70 AU $ 3.10 Butler, Rockingham-Warnbro.
Zones 6 AU $ 8.70 AU $ 3.50 Mandurah
Zones 7 AU $ 10.20 AU $ 4.10 Mandurah
Zones 8 AU $ 11.00 AU $ 4.40
Zones 9 AU $ 11.80 AU $ 4.70
Family Rider AU $ 11.80 Seluruh rute dan wilayah

*Tarif dapat berubah sewaktu-waktu

 

 

About Redaksi MKA

Check Also

1

MAJALAH KA EDISI NO. 69 / APRIL 2012

SENSASI NAIK KA PELURU CHINA  / LIPUTAN UTAMA: Hunting KA Sampai Negeri China Menjajal Kereta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *