Home / Aktifitas / Tamasya Ke Pulau Rottnest

Tamasya Ke Pulau Rottnest

Tamasya Naik Tram Ke Pulau Rottnest

Pengalaman berharga. Selain tahu sejarah jalur kereta di Pulau Rottnest, masinis pun mempersilahkan kami untuk mencoba mengendarai kereta.

 

Selama blusukan di Perth, Majalah KA juga diajak Railfan sana berkunjung ke daerah yang sangat menawan di wilayah Australia Barat. Ya, Pulau Rottnest yang memiliki 1001 kawasan menawan ini ternyata memang difavoritkan oleh warga asli Australia maupun turis asing yang melihat informasi dari dunia maya. Pulau Rottnest (dikenal secara lokal dengan nama Pulau Rotto) merupakan sebuah pulau di lepas pantai Australia Barat, terletak 18 kilometer (11 mil) barat dari Fremantle atau 1 setengah jam perjalanan dari Kota Perth. Pulau ini meliputi lahan seluas 19 kilometer persegi (7,3 mil persegi) dan dikelola oleh Otoritas Pulau Rottnest itu sendiri. Pulau ini merupakan tujuan wisata populer dan merupakan pelayanan angkutan air menggunakan kapal cepat (Rottnest Express) yang melayani setiap hari dari Perth. Pengunjung yang datang sebanyak 15.000 orang selama periode puncak.

 

Kereta Bukit Oliver

Meskipun pulaunya yang tak terlalu luas, namun menyimpan banyak sekali sejarah peninggalan jaman dahulu. Salah satu sejarah yang masih bisa terlihat dan dinikmati adalah jalur kereta api di pulau ini. Experience Rottnest Island Oliver Hill Railway (Pengalaman Pulau Rotnes Kereta Bukit Oliver). Tur menggunakan kereta jenis tram ini sangatlah menyenangkan. Kenapa tidak, menggunakan tram ini merupakan yang paling disukai para turis lokal maupun asing. Melewati bukit terjal, melihat keseluruhan pulau merupakan pengalaman serta kepuasan para turis. Menggunakan tram yang masih terlihat asli ini menempuh perjalanan selama 20 menit, karena memiliki kecepatan 10-20 km/jam. Kecepatan ini sangat wajar, karena rel dan medannya yang terjal membuat tram ini berjalan secara perlahan dan berhati-hati. Namun tak perlu khawatir, perawatan serta pengawasan secara rutin dilakukan oleh pihak pengelola kereta.

Kereta ini berangkat dari Stasiun Settelement menuju Stasiun Over Hill melintasi sebuah bandara kecil aktif yang sengaja difungsikan bagi pengunjung yang ingin menyewa pesawat terbang untuk melihat indahnya Pulau Rottnest dari atas. Daya listrik yang digunakan kereta jenis adalah 99 kW yang digerakkan dengan mesin bertenaga diesel memiliki 6 silinder dan memiliki berat 13 ton berkapasitas 64 tempat duduk.

Pengalaman berharga buat Majalah KA. Selain membantu menjelaskan tentang sejarah jalur kereta di Pulau Rottnest, masinis pun mempersilahkan untuk mencoba mengendarai kereta dengan penuh kebanggaan. Jarang sekali bisa mengendarai kereta tua dengan tombol dan tuas masih terlihat asli. Pengalaman yang sangat luar biasa, ketika mengendarai dengan kecepatan tak lebih dari 20 km/jam. Cukup berat sekali ketika menambah kecepatan pada saat melewati jalur tanjakan karena melintasi area bukit terjal dengan kecepatan maksimal 20 km/jam.

Akhirnya tiba juga di stasiun akhir, Stasiun Over Hill. Perjalanan tak sampai di sini, turis pun diajak mengenal sejarah di Museum Over Hill Guns and Tunnel. Disini banyak terdapat benda-benda bersejarah mengenai peperangan pada masa itu yang berisi dengan alat-alat peperangan dan pertahanan untuk melindungi serangan musuh. Di museum, para Guider (pemandu wisata) menjelaskan kepada turis dengan mengelilingi area museum. Hal yang sangat menantang terasa, ketika pemandu wisata mengajak ke ruang bawah tanah yang memiliki kedalaman 10 meter lebih dan banyak menyimpan banyak benda-benda bersejarah lain yang tak kalah lengkapnya. Benda-benda bersejarah tersebut masih terawat dan masih asli, karena penjagaan serta perawatan yang cukup ketat dan masih dipertahankan di Pulau Rottenest ini.

Pengunjung yang ingin menikmati pulau indah ini bisa naik dari Pelabuhan Kota Perth yang berada di Jalan Pier 2 Barrack (Pier 2 Barrack Street). Jika menggunakan kereta komuter Transperth, cukup turun di Stasiun Esplanade dengan rute Perth – Mandurah. Harga tiket untuk Kapal Feri Rottnest Express untuk dewasa AU$ 17.00 (Rp 170.000) dan anak-anak AU$ 6.00 (Rp 60.000). Kemudian untuk perjalanan menggunakan Kereta Bukit Oliver dan mengunjungi museum cukup membayar tiket AU$ 29.00 (Rp 290.000) dan anak-anak AU$ 16.50 (Rp. 165.000). Untuk info lebih lengkap, bisa kunjungi ke situs web: http://www.rottnestisland.com untuk kunjungan pulau danhttp://www. rottnestexpress.com.au untuk booking tiket Kapal Feri Cepat.

SENDY PRASETYA

About Redaksi MKA

Check Also

DSC_8929

STTD_Rev ok

Perintis Program Studi D. III Perkeretaapian Di STTD Bekasi, inilah satu-satunya jurusan Perkeretaapian yang dibuka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *