Thursday , December 14 2017
Home / Photography / Tips & Trik / Tips Bepergian Naik Kereta Api

Tips Bepergian Naik Kereta Api

Stasiun Kereta
Stasiun Kereta

Majalah ka, Banyak moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mengantar ke tujuan. Nah, bila kereta api menjadi pilihan, beberapa tips berikut perlu disimak.

1. TIKET

Pesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Pastikan nama Anda, jenis kereta, tujuan, nomor tempat duduk, jam, tanggal keberangkatan dicetak dengan benar. Tiket bisa dipesan 30 hari sebelum keberangkatan.

2. DATANG AWAL

Datang ke stasiun 30 menit sebelum kereta berangkat. Pastikan peron dan jalur dimana kereta Anda akan berhenti.

3. KERETA

Tanya petugas letak kereta Anda. Beberapa kereta tidak terpasang nomor gerbong dengan baik. Duduklah sesuai nomor seat Anda. Simpan baik-baik tiket Anda untuk pemeriksaan.

4. BAWAAN

Letakkan barang bawaan Anda sejauh dapat dilihat mata dan diawasi dengan baik. Jika meletakan di atas, sebaiknya terlihat oleh mata Anda. Jika di bawah dapat dijepit dengan kaki Anda dan menempel bodi kereta. Laptop sebaiknya tetap dibawa atau dipangku dan sedapat mungkin orang lain tidak tahu Anda membawa laptop. Begitu juga uang dan barang berharga lain, sebaiknya sedekat mungkin dengan Anda. Hindari menggunakan perhiasan atau asesoris berlebihan.

5. TAHAN

Usahakan untuk menahan keinginan Anda bermain game dengan laptop atau handphone mahal. Begitu pun camera. lni akan mengundang maling untuk mengincar Anda. Sembunyikan dengan rapat barang tersebut. Bisa kebetulan Anda mendapat tempat duduk dekat pintu, maka harus ekstra hati-hati terhadap barang bawaan.

6. FASILITAS

Di kereta eksekutif Anda mendapat fasilitas bantal, selimut, dan makan (untuk perjalanan malam). Keberangkatan malam di atas jam 19.00 tidak memperoleh makan malam kecuali snack dan minuman. Jika petugas menawar makan atau minum, sebaiknya tanyakan apakah itu jamuan atau jualan (bayar atau tidak). Kalau jualan minta menu dan harganya. Jika mau ke toilet, biasanya terletak di depan atau dibelakang. Pastikan kunci tertutup dan mudah dibuka, serta ada airnya. Jika tidak memungkinkan, carilah toilet di kereta lain.

7. KEDATANGAN

Lima belas menit sebelum kereta tiba di tempat tujuan, pastikan barang-barang Anda dalam jangkauan dan tidak ada yang ketinggalan. Pasalnya begitu kereta akan masuk stasiun, banyak porter yang berserabutan naik. Bila tujuan Anda stasiun antara, sebaiknya memberi tahu kepada kondektur atau kapten awak kereta, sehingga Anda tidak kelewat karena tertidur.

8. MENCURIGAKAN

Jika melihat gelagat penumpang lain yang memang mencurigakan, seperti sering pindah, duduk tidak tenang sering menengok, atau keluar bawa barang, segera beritahu polsus atau kapten.

9. PERJALANAN PULANG

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, pastikan kendaraan yang dapat dipercaya dan negosiasikan uang parkir.  Di beberapa stasiun biaya parkir taksi dibebankan kepada penumpang. Ada baiknya bila menggunakan taksi yang memiliki counter di stasiun.

10. INFORMASI

Hubungi Majalah “ka” lewat sms ke (021) 707 133 67. siapa tahu bisa membantu.

MS

 

Sumber: Majalah Ka, Edisi 01/Agustus 2006, “Masa-masa Jaya Kereta Api”; PT Ilalang Sakti Komunikasi

 

tiket, kereta, stasiun, peron, jalur kereta

About Redaksi MKA

Check Also

Fathan Azkarrahman SDN 01 Pondok Cina, Depok, Jawa Barat

Ini Karyaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *