Home / Hot News / Toilet Kereta Eksekutif Tak Lagi Plung Lap

Toilet Kereta Eksekutif Tak Lagi Plung Lap

Kereta api merupakan moda transportasi yang ramah lingkungan. Tak hanya lokomotifnya namun juga mulai mengarah pada keretanya. Setelah mulai menggunakan AC ramah lingkungan pada KRL Ekspress, kini PT KAI (Persero) juga melaunching kereta ramah lingkungan.

Fasilitas baru pada kereta KA Argo Lawu New Image produksi PT INKA yaitu penggunaan toilet yang ramah lingkungan. Bila selama ini toilet di kereta masih plung lap (nyemplung/jatuh langsung tercecer di sepanjang jalan rel) kini secara bertahap mulai dibenahi.

Pada toilet KA Argo Lawu New Image, kotoran tidak lagi dibuang langsung ke jalan rel,namun diproses lagi sehingga yang dibuang tinggal berupa air yang tak mencemarkan lingkungan. Untuk prosesnya, setiap toilet dilengkapi bak penampungan. Bak tersebut diisi air yang dicampur dengan bahan mikroba sebagai bahan penghancur dan penetralisir kotoran.

“PT KAI mulai mengarah sebagai perusahaan yang ramah lingkungan. Diantaranya penggunaan toilet yang ramah lingkungan. Toilet kereta dari dulu itu masih plung lap namun sekarang ditampung di bak terlebih dahulu untuk diproses sebelum kemudian dibuang dalam wujud air biasa,” jelas Direktur Komersial PT KAI, Wimbo S Hardjito kepada wartawan di Stasiun Gambir,(12/9).

About Redaksi MKA

Check Also

Lama Dinanti, Akhirnya KRL Jakarta Kota – Tanjungpriok Beroperasi

Lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok sejak tahun 2007 sudah diwacanakan untuk beroperasi. Saat itu, bahkan telah diawali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *