Thursday , December 14 2017
Home / Railfans / Komunitas / Wadah Para Penggambar Kereta Api

Wadah Para Penggambar Kereta Api

Railway Drawers

Wadah Para Penggambar Kereta Api

Beragam hobi yang dimiliki para pecinta kereta api (railfans). Salahsatunya hobi menggambar kereta api secara detail seperti aslinya.

Berawal dari kecintaannya terhadap transportasi kereta api, Nail Muyassar Fajri (15), Raihan Dwi Saputera (18), Nugroho Febianto (16) dan Muhammad Irfan (15) telah menuangkan hasil karyanya dengan cara menggambar kereta api. Bermacam-macam jenis kereta, mulai dari lokomotif, kereta penumpang, kereta barang, KRD sampai dengan KRL Jabodetabek pun mereka sangat teliti. Bagaimana tidak, di sela-sela waktu senggang, mereka manfaatkan untuk menggambarkan kereta api. Hasil karya yang dihasilkan sangat bagus dan menarik untuk dilihat. Hampir mirip layaknya memotret, mereka pun terus semangat menggoreskan alat tulis dengan tangan-tangan yang terampil.

Pertemuan mereka sesama penggambar kereta api bermula melalui situs jejaring sosial (Facebook). Memang tidak disangka, mereka pun baru tersadar bahwa ada pula yang memiliki bakat yang sama. Tak hanya itu, hasil karya yang dilihat sangat detail dan lebih bagus. Mereka pun saling kontak melalui obrolan di Facebook tersebut, dan akhirnya membuat grup khusus beranggotakan sesame penggambar kereta api. Usul yang sangat bagus, karena tak hanya membuat grup saja, namun bisa saling tukar pikiran dan juga bisa melihat hasil karya teman-teman lainnya untuk menggoreskan tinta dengan tangan mereka yang terampil.

“Tingkat kerumitannya pasti ada, biasanya pada bagian roda/bogie dan kalau menggambar KRL agak sulit seimbangin dengan LAA”, kata Nugroho Febianto yang memiliki nama akun di FB “Presiden Squidquard”.

Biasanya mereka menggambar melihat contoh dari foto yang mereka dapat baik cetak maupun dari internet. Yang paling menarik terkadang mereka dapet pesanan dari beberapa Railfan yang ingin membeli hasil karyanya. Baik ukuran besar maupun kecil tak menjadi masalah buat mereka. Berbagai ukuran dan ketebalan kertas pun mereka lakukan selama ada waktu untuk menggambar. Tak hanya kereta api, mereka pun sanggup menggambar transportasi lainnya dan juga karakter kartun. Dan biasanya mereka untuk menggambar menghabiskan waktu 2-5 hari, tergantung kesibukan mereka karena masih bersekolah.

“Harapan kami para drawers (penggambar) makin banyak yang gabung dalam wadah Railway Drawers,” kata Nail Muyassar Fajri saat berkunjung ke Redaksi Majalah KA bersama ketiga temannya.

SENDY PRASETYA

 

About Redaksi MKA

Check Also

Farras bersama anggota Komunitas Railfans Daop Empat (KRDE) di dalam KA Kedung Sepur

Sebastien Farras Putra Setiawan

Sebastien Farras Putra Setiawan Senang Bisa Gabung Komunitas Raifans   Kecintaan Farras terhadap KA (Kereta ...

One comment

  1. Wah artikelnya ditulis…terimakasih MasSen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *