Thursday , December 14 2017
Home / Hot News / Wow, Ada Display Informasi KRL di Stasiun Manggarai

Wow, Ada Display Informasi KRL di Stasiun Manggarai

papan informasi display krl
papan informasi display krl

Papan informasi display (PID) untuk mengetahui keberadaan/posisi KRL sangat dibutuhkan sekali oleh penumpang saat menunggu di stasiun. Terlebih di Stasiun yang menjadi tempat transit seperti Stasiun manggarai. Stasiun dengan 7 jalur utama ini bisa membuat orang kebingungan saat harus mengetahui jurusan KRL apa yang ada di masing-masing jalur. Bagi pengguna rutin KRL Commuter Line yang biasa transit atau naik-turun di Stasiun Manggarai, sebagian tentu sudah paham. Misalnya jalur 3 untuk KRL tujuan Jakarta Kota, jalur 4 hanya untuk KRL tujuan Bekasi, jalur 6 hanya untuk KRL tujuan Depok, Nambo dan Bogor.

Tapi untuk jalur 1, 2, 5 dan 7, pengguna KRL harus mendengarkan dulu informasi dari pihak announcer Stasiun manggarai. Sebab jalur 1 meskipun lebih sering untuk KRL tujuan Jakarta Kota, kadang juga untuk arah Bekasi atau pulang Dipo Bukit Duri. Demikian halnya jalur 2, bisa untuk KRL tujuan Duri, bisa juga Bekasi dan pulang Dipo Bukitduri. Jalur 5 bisa beragam lagi untuk KRL tujuan Jakarta Kota, bisa juga tujuan Duri/Jatinegara, pulang Dipo Bukitduri atau bisa juga untuk kembali lagi tujuan Depok/Bogor. Jalur 7 juga bisa digunakan untuk KRL tujuan Duri (KA Feeder) dan bisa juga untuk kembali pulang DIpo Bukitduri.

Pemandangan yang sering terjadi, penumpang yang akan ke Jakarta Kota sudah menunggu di jalur 3, ternyata yang masuk terlebh dahulu KRL di jalur 5 atau sebaliknya sudah menunggu di jalur 5 ternyata yang masuk terlebih dahulu KRL di jalur 3 dari Bekasi. Tak ayal, penumpang pun berlarian berpindah peron untuk bisa naik KRL yang akan lebih dulu datang. Namun dari 7 jalur yang ada, jalur 2 dan 5 bisa membuat bingung calon penumpang KRL. Sebab jalur 2 bisa untuk KRL tujuan Tanahabang sampai dengan Duri dan juga bisa tujuan Bekasi. Demikian juga jalur 5 bisa untuk KRL tujuan Jakarta Kota dan Duri/Jatinegara.

Mendengarkan pengumuman/informasi dari announcher stasiun benar-benar menjadi acuan posisi KRL dan tujuannya, atau menanyakan ke petugas PKD (Patroli Keamanan Dalam) atau Timsus (Tim Khusus) yang berada di titik-titik penyeberangan antar peron (area passenger crossing). Hanya saja, pemberian informasi melalui announcher tidaklah cukup. Pemberian informasi untuk stasiun transit juga perlu ditambah dengan pemasangan display informasi posisi KRL.

papan informasi display stasiun krl
papan informasi display stasiun krl

Seperti yang terpasang di Stasiun manggarai baru-baru ini. Pemasangan display informasi elektronik ini sangat membantu penumpang untuk mengetahui posisi KRL yang akan dinaikinya sudah berada di stasiun mana dan KRL tujuan mana saja yang berada di masing-masing jalur.

“Iya betul. Pemasangan papan  informasi display KRL ini telah diprogramkan oleh PT KCJ. Saat ini yang sudah ada di Jakarta Kota, Juanda, Cikini, Bogor dan Sudirman. Dan nantinya akan dilengkapi ke semua stasiun,” jelas Manajer Corporate Communications PT KCJ, Eva Chairunnisa melalui pesan singkat kepada Majalah KA, Selasa (17/11/2015). (AMS)

About Redaksi MKA

Check Also

Lama Dinanti, Akhirnya KRL Jakarta Kota – Tanjungpriok Beroperasi

Lintas Jakarta Kota-Tanjungpriok sejak tahun 2007 sudah diwacanakan untuk beroperasi. Saat itu, bahkan telah diawali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *